Ka.Kankemenag: Beasiswa Indonesia Bangkit Bantu Percepatan Peningkatan SDM Kemenag

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa Kementerian Agama bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan ‘Program Gelar’ Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Periode Tahun 2022.

 

"BIB merupakan skema beasiswa prestisius kolaborasi dari Kemenag dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri yang bertujuan mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Kemenag," jelasnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Rabu (7/09/22).

 

Menurut Saribuddin, BIB juga bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) melalui pemberian beasiswa bergelar untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3 bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam atau luar negeri.

 

"Program BIB menjangkau luas untuk masyarakat umum, santri, siswa, mahasiswa, calon dosen, pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru, tenaga kependidikan serta para pemangku kepentingan lainnya di lingkup Kemenag yang tersebar untuk jenjang studi sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 dan S3), baik di dalam maupun luar negeri," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menyatakan bahwa pendaftaran BIB akan dibuka mulai tanggal 10 – 14 September 2022 dan meminta kepada para ASN di lingkup Kemenag Balangan untuk menyebarkan serta mensosialisasikan program yang dimaksud baik kepada ASN maupun masyarakat Balangan pada umumnya.

 

"Para peserta bisa mendaftar pada beasiswa yang ingin diikuti dan melengkapi semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman https://beasiswa.kemenag.go.id. Ada tiga tahapan seleksi yang harus diikuti calon penerima beasiswa, yaitu: Seleksi Administrasi, Seleksi Akademik, dan Seleksi Wawancara. Hasil seleksi akhir akan diumumkan pada 30 September 2022," tandasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments