Ka.Kankemenag Pinta ASN Makin Gaungkan Semangat Toleransi di Tahun 2022

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kemenag Balangan untuk makin menggaungkan semangat toleransi baik di lingkungan kerja maupun masyarakat mengingat tahun  2022 ditetapkan sebagai Tahun Toleransi.

 

"Toleransi sejatinya adalah budaya yang sudah melekat kuat di Indonesia. Toleransi tidak terbatas hanya pada perbedaan agama, tapi juga perbedaan suku, budaya, bahasa, serta perbedaaan warna kulit. Harus kita pahami bersama bahwa dari ribuan suku, budaya dan pulau yang ada namun Indonesia bisa merdeka menjadi satu negara kedaulatan dan bertahan hingga sekarang, di situ tentunya ada peranan toleransi yang krusial," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (13/09/22).

 

Saribuddin menambahkan bahwa negara lain selama ini selalu mengagumi tentang bagaimana Indonesia bisa tetap bertahan dengan banyaknya perbedaan yang ada dengan luas wilayah yang tersebar di ribuan kepulauan. Toleransi yang selama ini menjadi kunci harus tetap dijaga, dipertahankan bahkan diperdalam agar anak putera bangsa tidak terpecah belah oleh berita yang mengusik dan menimbulkan timbulnya sikap intoleran.

 

“Kita harus selalu menyadari bahwa toleransi sudah menjadi budaya kita yang wajib untuk kita lestarikan. Dalam Islam, sikap humanis selalu tercermin pada diri Rasulullah dan para sahabat, seperti yang tergambar pada pernyataan Ali bin Abi Thalib yang berbunyi 'Mereka yang tidak seiman adalah saudara dalam kemanusiaan'," tambahnya.

 

Terakhir Saribuddin menghimbau kepada ASN ikut berpartisipasi dalam segala rangkaian acara yang digelar dalam rangka memperingati Tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi, seperti perayaan Hari Toleransi Internasional, Perayaan Puncak Hari Toleransi, Pekan Harmoni Antaragama se-Dunia, serta Pekan Perayaan Proklamasi dengan Semangat Toleransi & Bhineka Tunggal Ika.

 

"Berbagai workshop dan perlombaan yang terkait dengan toleransi seperti Inspiring Persons, Inspiring Campus, Inspiring Media, Inspiring City hingga Harmony Award juga turut digelar. Populerkan logo Tahun Toleransi 2022 di medsos saat mengabarkan kegiatan yang bermuatan pesan toleransi. Semoga itu semua bisa mengundang kesadaran masyarakat yang diharapkan pada akhirnya juga meningkatkan rasa partisipasi warga dan menjaga toleransi di lingkungan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments