Ka.Subbag TU: Portal Satu Data Permudah Masyarakat Mencari Fakta

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan dengan dibentuknya portal satu data akan mempermudah masyarakat mencari data beserta fakta apapun terkait situasi di Kab. Balangan.

 

"Tugas penghimpunan data memang sudah masuk dalam tanggung jawab pemerintah, khususnya Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten (Diskominfosan). Namun itu bukan perkara mudah karena banyak instansi yang berdiri masing-masing sehingga perlu dilakukan penjembatan agar data yanga ada bisa dikumpulkan serta bersesuaian antara satu dengan yang lainnya," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Kegiatan Kompilasi Data Statistik Sektoral Infrastruktur Kab. Balangan Tahun 2022 di Aula Diskominfosan Balangan, Selasa (06/09/22).

 

Harmainor menambahkan pembuatan portal satu data juga bisa memberikan dampak positif berupa tidak adanya lagi perbedaan data di Kabupaten Balangan, mulai dari tingkat kabupaten atau pun desa dan ke tingkat pusat..

 

"Kalaupun ada perbedaan data, maka harus segera dirembuk dan dirapatkan di forum seperti ini," tambahnya.

 

Selanjutnya menurut Harmainor Kemenag juga ikut turut berpartisipasi dalam menyampaikan data yang terkait dengan instansi Kemenag, contohnya data yang ada di madrasah seperti jumlah madrasah, guru beserta muridnya, data tempat ibadah, data pernikahan dan perceraian, serta data menyangkut jamaah haji di Kab. Balangan.

 

"Dari kita sendiri semua data tersebut juga terus mengalami perubahan dan updating tergantung situasi terbaru. Disini kita berperan ikut melaporkan data yang ada sebagai bahan yang bisa dimasukkan dalam portal satu data yang digagas oleh Diskominfosan. Kita akan terus bersinergi agar data yang kita sampaikan bisa bermanfaat tidak hanya bagi pemerintah, tapi juga masyarakat Balangan pada umumnya," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments