Ka.Subbag TU Tekankan Pentingnya Kebiasaan Menyikat Gigi Anak Semenjak Dini

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa kebiasaan menyikat gigi yang benar harus ditanamkan semenjak usia dini dengan dukungan penuh dari orang tua.

 

"Kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi mulut merupakan salah satu penyebab dari penyakit gigi dan mulut pada masyarakat khusunya para anak," ujarnya saat menerima kunjungan perwakilan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kab. Balangan di ruang kerjanya pada Senin, (05/09/22).

 

Harmainor menambahkan bahwa kegiatan menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak kecil agar bisa menjadi kebiasaan dan membuat anak memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan hal tersebut seumur hidupnya.

 

"Masa anak-anak juga adalah masa pergantian gigi susu menjadi gigi tetap sehingga butuh perhatian lebih. Pada anak harus diajarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi sehingga tanggalnya gigi bisa terjadi secara alamiah, pertumbuhannya tidak terhambat dan tidak rusak," tambahnya.

 

Karenanya Harmainor menyambut baik kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak Sekolah Dasar secara serentak bersama Menteri Kesehatan, yang juga akan diadakan PDGI Kab. Balangan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Balangan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional dimana Kemenag ikut melibatkan siswa madrasah dalam prosesinya.

 

"Ini satu kegiatan positif yang memang patut untuk diapresiasi. Segera kami akan berkoordinasi dengan pihak madrasah agar bisa menyiapkan para siswa sehingga sewaktu pelaksanaannya nanti berjalan lancar serta memberi kesan positif bagi anak agar ke depannya bisa terus rajin menyikat gigi," harapnya.

 

Diketahui, kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak Indonesia akan digelar pada Senin (12/09/22) dan akan diikuti oleh lebih dari lima ratus ribu anak Sekolah Dasar dari seluruh provinsi/kabupaten/kota di Indonesia.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments