Pembimbing Himbau Jamaah Haji Kontinuitas Shalat Berjamaah di Masjidil Haram

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pembimbing Manasik Haji H. Syamsul Arifin, S.Ag, M.Fil.I menghimbau kepada calon jamaah haji agar tidak menyia-nyiakan kesempatan shalat berjamaah di Masjidil Haram saat berangkat ke tanah suci nanti.

 

"Sebagian jamaah merasa nyaman dan enak di hotel, sehingga malas pergi ke Masjidil Haram. Padahal kesempatan untuk bertandang ke tanah suci bisa dibilang kesempatan yang amat jarang, jadi alangkah baiknya bila gunakan sebaik-baiknya dengan mendatangi masjidil haram saat waktu shalat tiba," ujarnya saat memberikan arahan pada Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Jamaah Haji Kab. Balangan Estimasi Berangkat Tahun 1444 H / 2023 M di Mesjid Al Akbar Balangan, Kamis (22/09/22).

 

Syamsul yang juga menjabat sebagai Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Lampihong tersebut menambahkan bahwa untuk jamaah wanita bisa memilih untuk shalat di masjidil haram atau hotel, namun pastikan saat ke masjidil haram pergi bersama-sama dengan rombongan. Sementara bagi jamaah yang lanjut usia bisa shalat berjamaah di hotel apabila dirasa tidak memungkinkan untuk pergi ke Masjidil Haram.

 

"Sejumlah ulama berbeda pendapat tentang pahala shalat di Masjidil Haram dan di tanah haram. Ada yang mengatakan sama, ada yang mengatakan berbeda. Namun kita yakini saja karena haji adalah momen langka terutama bagi jamaah Indonesia yang sudah mengantri berpuluh tahun, tiap detik yang kita lalui disana manfaatkan dengan beribadah sekaligus napak tilas tempat-tempat yang pernah dikunjungi Rasulullah," jelasnya.

 

Sementara Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa pelaksanaan manasik haji kali ini adalah pelaksanaan keempat dari total 11 kali manasik haji yang telah dijadwalkan.

 

"Pelaksanaannya serempak se-Kalimantan Selatan. Pertama setelah shalat Zuhur ada arahan dari pembimbing dari kabupaten masing-masing. Setelah Ashar baru dilakukan zoom untuk mendengarkan arahan  bersama se-Kalsel," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments