Pembukaan KSM Kalsel, Kasi Penmad: Fokus Menjawab, Jangan Pikirkan Hasil

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menghadiri Pembukaan Kometisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarmasin, Sabtu (08/09/22).

 

Dalam keterangannya usai pembukaan, Rahmadi meminta kontingen para pelajar dari madrasah Kab. Balangan untuk fokus menjawab soal dalam ujian dan tidak perlu memikirkan hasil apa yang akan diperoleh nantinya.

 

"Saat masuk ke ruang lomba, peserta fokus saja untuk mengerjakan soal yang ada di depan mata. Urusan hasil belakangan, yang penting kita sudah berupaya maksimal," ujarnya.

 

Setelah selesai lomba dan keluar ruangan, Rahmadi juga meminta para pelajar untuk tidak lagi memikirkan tentang berapa soal yang berhasil di jawab benar dan berapa yang tidak. Namun hendaknya berdoa agar diberikan hasil yang terbaik sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

 

"Para pendamping dan kepala madrasah juga diminta untuk menenangkan peserta usai lomba karena telah selesai berjuang. Setidaknya selama masih di lokasi perlombaan, tenangkan dulu pikiran. Apabila sudah kembali ke madarsah masing-masing atau hasil KSM telah keluar, baru bisa melakukan koreksi bersama agar ke depannya hasil yang diperoleh menjadi lebih baik," tambahnya.

 

Ditanya lebih jauh tentang harapan hasil juara yang akan diperoleh, Rahmadi mengatakan meski gelar juara umum susah diperoleh, namun tetap optimis bisa memperoleh beberapa piala pada sejumlah cabang mata pelajaran yang diujikan.

 

"Dari 33 pelajar kita yang bertanding, baik dari cabang MI, MTs maupun MA, kita yakin ada nama yang digariskan menajdi juara di cabangnya. Mudah-mudahan kita diberi hasil yang terbaik, berdoa saja," harapnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kankanwil) Kemenag Prov. Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.MPd yang membuka secara resmi KSM Prov. Kalsel mengatakan bahwa KSM merupakan sebuah pembuktian ke masyarakat bahwa madrasah mampu bersaing di dunia pendidikan serta kemajuan zaman karena yang diajarkan madrasah bukan hanya ilmu agama saja namun juga ilmu-ilmu, sains dan teknologi dengan berlandaskan ilmu agama sebagai dasar pondasi kuat dalam diri manusia.

 

"Semoga dari KSM ini akan dihasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya, keberkahan dan menambah pengetahuan sehingga menghasilkan siswa-siswi yang cerdas selalu taat akan perintah agamanya," pungkasnya.

 

KSM tingkat Prov. Kalsel diikuti 429 peserta dari 13 Kabupaten/Kota dengan rincian, tingkat MI sebanyak 78 peserta, Jenjang MTs sebanyak 117 dan tingkat MA sebanyak 234 peserta.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments