Ka.Kankemenag: Peci dan Sarung Jadi Saksi Partisipasi Santri Pertahankan Kemerdekaan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menjadi pembina pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di halaman Kantor Kemenag Balangan, Sabtu (22/10/22).

 

Saribuddin menyatakan bahwa santri beserta ulama menjadi salah satu kelompok yang ikut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana termaktub dalam Resolusi Jiihat yang dicetuskan pada tahun 1945.

 

"Pemakaian peci dan sarung menjadi identitas khas para santri, yang juga menjadi saksi bisu partisipasi santri dalam mempertahankan kemerdekaan. Santri dengan taat melaksanakan perintah ulama untuk turun ke medan perang, dan itu tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu bukti sumbangsih nyata para santri berjuang untuk negeri," ujarnya dimintai keterangan usai pelaksanan apel.

 

Saribuddin selanjutnya menyampaikan bahwa untuk tahun 2022 ini, peringatan hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

 

"Maksud tema tersebut adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," jelasnya.

 

Setelah terlibat aktif dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, Saribuddin menyampaikan bahwa peranan Santri di masa sekarang terlibat berbeda namun dengan esensi yang sama.

 

"Santri jangan hanya asyik dengan dirinya sendiri. Selain ilmu agama, santri diharapkan bisa terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan. Santri harus memiliki berbagai keahlian, bahkan menjadi seorang peimpin, dengan tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama. Momen Hari Santri semoga menjadi pengingat sekaligus pemicu semangat agar santri kita bisa menjadi lebih berdaya menjaga martabat," pungkasnya.

 

Upacara hari Santri diikuti oleh para Ka.Subbag TU, Kasi dan Penyelenggara, Pengawas, Kepala Madrasah dan Kaur TU, Kepala KUA dan Penyuluh Agama, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments