Korwas: Hikmah Maulid, Silaturahmi Sepanjang Bulan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Koordinator Pengawas (Korwas) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Ilham, S.Pd.I menyatakan bahwa salah satu hikmah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah dilaksanakannya silaturahmi sepanjang bulan pada acara-cara maulid yang digelar.

 

"Bulai Rabiul Awal telah berakhir, dan kita tiba di bulan Rabiul Akhir. Rabiul Awal telah kita isi bersama dengan kegiatan maulid, baik yang digelar oleh masyarakat, lembaga pendidikan maupun instansi pemerintahan. Di tempat tersebut kita bisa saling bersilaturahmi secara massal, sesuatu yang jarang terjadi dan hanya ditemui di perayaan maulid," ujarnya saat menjadi pembina pada apel Senin (31/10/22) pagi di halaman Kantor Kemenag Balangan.

 

Ilham lebih jauh menambahkan bahwa tradisi Maulid di Kab. Balangan memang termasuk salah satu yang paling kental bila dibandingkan dengan Kab/Kota lain di Kalimantan Selatan. Bahkan ada ujaran dimana momen maulid adalah momen berkumpul bersama dengan keluarga besar melebihi masa perayaan Hari Idul Fitri.

 

"Hampir setiap hari undangan berdatangan, terlebih di pertengahan akhir bulan Rabiul Awal. Kita menyambut baik setiap undangan yang ada dan akan menghadiri selagi bisa, karena selain menjadi tempat silaturahmi, kita juga bersama-sama bershalawat menyambut bahagia bulan kelahiran nabi," tambahnya.

 

Ilham selanjutnya menyampaikan bahwa meskipun bulan maulid telah berakhir, namun perayaannya bisa tetap dilakukan sepanjang tahun demi menanamkan kecintaan kepada nabi Muhammad SAW sehingga memunculkan perilaku untuk meneladaninya.

 

"Mudah-mudahan kita semua dipanjangkan umur dan bisa bertemu kembali dalam perayaan maulid di tahun mendatang," harapnya.

 

Kegiatan apel pagi diikuti Ka.Subbag TU, para Kasi, pengawas dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments