Peringati Sumpah Pemuda, Ka.Subbag TU: Momentum Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa


 

Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama Kab. Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menjadi pembina pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 di halaman Kantor Kemenag Balangan, Jum'at (28/10/22).

 

Harmainor menyatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda merupakan momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.

 

"Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah "Bersatu Membangun Bangsa", artinya bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan demi melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," ujarnya saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dihadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Balangan yang menjadi peserta upacara.

 

Harmainor menambahkan bahwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

 

"Pemuda hari ini adalah tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya dan memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan luar biasa menggapai kejayaan Indonesia," tambahnya.

 

Terakhir Harmainor berpesan agar Peringatan Sumpah Pemuda dapat menjadi upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

 

"Sebagai ASN, khususnya pada guru, diminta untuk menamamkan arti penting cinta tanah air kepada murid selaku pemuda yang akan membangun Indonesia di masa depan. Perbedaan adalah fitrah sebagai pondasi persatuan, demi bersama membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-ciata kejayaan Indonesia," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments