Akhir Tahun, Ka.Kankemenag: Pastikan Penggunaan Anggaran DIPA di Angka 100%

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Mendekati akhir tahun, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada tiap satuan kerja (satker) agar segera menuntaskan serapan DIPA 100% dan mengevaluasi kembali agar anggaran yang belum terlaksana bisa segera diselesaikan.

 

"Apabila dihitung waktu efektif yang ada masih tersisa satu bulan, karena sebelum tanggal 20 Desember nanti semua pertanggungjawaban terkait penggunaan anggaran harus sudah diselesaikan. Jadi manfaatkan waktu baik-baik untuk menyelesaikan semua pelaporan," ujarnya saat memberikan amanat ketika didapuk menjadi pembina pada Apel Bersama di lingkungan Kantor Kemenag Balangan, Kamis (17/11/22) pagi di halaman Kantor Kemenag Balangan.

 

Saribuddin memaparkan bahwa berdasarkan laporan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), didapati bahwa ada banyak satker yang tidak disiplin atau terlambat dalam pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) maupun pendaftaran data kontrak yang mengakibatkan SPM dan data kontrak yang diajukan satker ditolak dan tidak dapat diproses oleh KPPN.

 

"Jadi mohon Bapak dan Ibu para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk berkenan memperhatikan jadwal atau batas waktu pengajuan SPM serta berbagai kewajiban yang harus dipenuhi selama masa akhir tahun anggaran 2022," tambahnya.

 

Untuk menuntaskan kegiatan tersebut Saribuddin meminta agar satker bisa meningkatkan koordinasi baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

 

"Pertanggungjawaban akhir harus berada di posisi nihil, tidak terhutang dan juga tidak bersisa.  Namun dengan tetap harus memperhatikan program kerja yang telah disusun demi terwujudnya pelaksanaan DIPA yang berdaya guna, bermanfaat, tepat sasaran,  tepat mutu, tepat waktu dan bisa di pertanggungjawabkan," pungkasnya.

 

Apel bersama juga diikuti Ka.Subbag TU, para Kasi, pengawas, Kepala Madrasah dan Kaur TU, Kepala KUA dan Penyuluh Agama, serta karyawan di Kantor Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments