Gerhana Bulan Total, Ka.Kankemenag Himbau Laksanakan Sholat Khusuf

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghimbau kepada masyarakat Kab. Balangan untuk melaksanakan Sholat Khusuf Gerhana Bulan mengingat Kalimantan Selatan menjadi salah satu provinsi yang akan mengalami gerhana bulan total (GBT).

 

"Berdasarkan data astronomi, pada hari Selasa tanggal 8 November 2022 bertepatan dengan tanggal 13 Rabiul Awal 1444 H akan terjadi gerhana bulan total. Masyarakat di Kalsel bisa melihat GBT pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 18:16 WITA," ujarnya dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (07/11/22).

 

Selain Kalsel, ada 33 provinsi lainnya yang mengalami GBT yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Batar, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluki Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

 

"Dengan kata lain, hampir seluruh Indonesia bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total," paparnya.

 

Saribudin menginstruksikan kepada Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam untuk mengerahkan Kepala Urusan Agama (KUA) dan penghulu di kecamatan agar bersama para ulama, pimpinan organisasi dan tokoh masyarakat melaksanakan Sholat Khusuf di wilayah masing-masing.

 

"Laksanakan salat sunah gerhana sesuai dengan tuntunan syariah dengan tetap mepmperhatikan protokol kesehatan," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menjelaskan bahwa Sholat Khusuf disunnahkan oleh Nabi Muhammad dengan hikmah untuk menghadirkan rasa takut kepada Allah karena peristiwa tersebut mengingatkan kita akan tanda-tanda kejadian hari kiamat, atau karena takut azab Allah diturunkan akibat dosa-dosa yang dilakukan.

 

"Maka dianjurkan pula untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekan dan amal kebajikan lainnya serta agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments