Hari Pahlawan, Ka.Kankemenag: Momen Pengingat Jiwa Pengorbanan Pahlawan Indonesia

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa hari pahlawan adalah sebuah momen yang mengingatkan sekaligus membangkitkan jiwa pengorbanan.

 

"Para pendiri bangsa adalah putra terbaik yang telah meletakkan dasar-dasar kebangsaan dan telah mengantarkan Indonesia tumbuh menjadi kekuatan dunia demi menjadi negara yang rukun lagi damai. Semua itu adalah buah dari komitmen kebangsaan dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia," ujarnya dimintai keterangan usai menjadi pemimpin doa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati Balangan, Senin (14/11/2022).

 

Wahid menambahkan bahwa tugas anak bangsa sekarang terutama para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag adalah untuk memberi yang terbaik, melahirkan inovasi-inovasi yang akan mendorong pembangunan lebih kencang, serta bertransformasi menjadi abdi negara yang amanah dan profesional, menempatkan Kementerian Agama sebagai rumah pengabdian.

 

"Jika para pahlawan dahulu mengorbankan nyawa demi perjuangan kemerdekaan, mari hari ini kita mengorbankan waktu dan fikiran untuk kemajuan pembangunan," paparnya.

 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno, yang bertindak sebagai inspektur upacara saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI menyampaikan Hari Pahlawan setiap tahun diperingati untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan negara yang merdeka.

 

"Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa saling menghargai satu sama lain mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya, " tutupnya.

 

Peserta upacara hari Pahlawan terdiri dari unsur TNI-Polri, ASN dan karyawan Non ASN, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan.

 

Upacara juga dirangkai dengan penyerahan tali asih untuk veteran dan janda veteran, serta penyerahan beberapa bantuan sosial, diantaranya bantuan masyarakat terdampak inflasi, bantuan voucher BBM, subsidi token listrik UMKM, batuan pupuk, dan bantuan pelatihan operator alat berat.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments