HUT PGRI, Ka.Subbag TU: Guru Ujung Tombak Harapan Madrasah

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menghadiri Peringatan Hari Jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Halaman Kantor Bupati Kab. Balangan, Kamis (24/11/22).

 

Harmain menyatakan momen peringatan hari jadi PGRI menjadi pengingat pentingnya peranan guru sebagai ujung tombak harapan dalam memajukan satuan pendidikan, dengan cara menyalurkan ilmu yang dimiliki kepada peserta didik.

 

"Peran guru tak bisa dinilai maupun di hitung dengan jari tangan, intinya semua kita tentu telah merasakan bagaimana peran guru kita selama ini telah menghantarkan kita menjadi orang yang berguna hingga saat ini," ujarnya.

 

Harmain menambahkan bahwa guru adalah pahlawan yang telah banyak berjasa, sehingga sudah sepatutnya peran seorang guru harus dihargai dan dihormati, baik guru secara pribadi maupun guru-guru lainnya di seluruh Indonesia.

 

“Guru dapat menjadi sumber keteladanan bagi siswa, tentu dengan sikap dan perilaku yang terpuji dan mampu dijadikan panutan, menjadi suri dan tauladan bagi para peserta didiknya,” tambahnya.

 

Selanjutnya menurut Harmain Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kesejateraan guru, misalnya dengan penambahan kuota Pendidikan Profesi Guru (PPG) melalui jalur LDDP, pemberian insentif guru, pengangkatan P3K, penataan dan pendistribusian guru, serta program strategis lainnya.

 

"Semua itu patut didapatkan mengingat dedikati seorang guru yang tiada terbatas. Saya harap para guru dapat terus merapatkan barisan, menjalin kekompakan, dan bahu membahu dalam membangun dan memajukan madrasah, khusunya di Kab. Balangan," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi dalam amanatnya menyampaikan kabar gembira bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan akan menaikkan insentif bagi para guru dengan menambahkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk kesejahteraan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini.

 

"250 ribu rupiah untuk Kepala Sekolah, 200 ribu rupiah untuk non-PNS tingkat SD/MI, SMP/MTs dan 100 ribu rupiah untuk PNS dan Insya Allah mudah-mudahan akan dinaikkan lagi di APBD perubahan,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan tersebut, tiap PC PGRI Kecamatan di Kab. Balangan membuka stan pameran produk unggulan, dimana PC PGRI Kemenag ikut berpartisipasi dengan menampilkan produk terbaik karya guru maupun siswa di madrasah, termasuk karya media pembelajaran yang diikutsertakan dalam PORSENI PGRI yang digelar dalam rangkain acara HUT PGRI di Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments