Ka.Kankemenag: Haflah Qur'an Ajang Silaturahmi Antar Sesama Qari Qari'ah

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa salah satu makna penting pelaksanaan Haflah Qur'an adalah sebagai ajang silaturahmi antar sesama Qari dan Qari'ah.

 

"Haflah Qur'an sebagai ajang silaturahim dan tukar pengalaman antar sesama Qari dan Qari'ah karena banyaknya variasi-variasi seni baca alquran yang berkembang saat ini," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Haflah Tilawatil Qur'an Bersama Ust. Syamsuri Firdaus, Qori Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Insternasional di Turki Tahun 2019, serta Qari Qari'ah Nasional dan Internasional Kalimantan Selatan di Mesjid Al Akbar Balangan, Senin malam (07/11/22).

 

Saribuddin menambahkan kegiatan Haflah Qur'an diharapkan bisa menumbuhkan motivasi kepada penduduk Balangan yang beragama Islam agar bisa bisa baca tulis Alquran, terlebih mampu berprestasi di ajang seni baca alquran melalui MTQ ataupun event lainnya.

 

"Semoga dengan kehadiran qari qari'ah internasional di Bumi Sanggam kita mendapatkan pelajaran yang sangat berharga serta pengalaman bagaimana mampu menjadi seorang Qari atau Qari'ah yang mampu berprestasi sampai tingkat internasional," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi dalam sambutannya mengapresiasi acara Haflah Al-Quran yang mana kegiatan ini dapat menjadikan umat muslim lebih memahami dan mencintai Al-Quran sebagai petunjuk yang hakiki dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

 

"Tak lupa saca ucapkan selamat datang kepada Ustadz Syamsuri Firdaus di Banua Sanggam. Semoga kedatangan beliau bisa membangkitan para Ahlul Qur’an pada tahun 2023," pungkasnya.

 

Acara Haflah Qur'an dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Qari-Qariah nasional dan internasional di Provinsi Kalimantan Selatan, serta ditutup pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Syamsuri Firdaus.

 

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hadi juga menyerahkan bantuan dana hibah kepada tujuh rumah tahfidz yang ada di Kabupaten Balangan, yaitu BKPRMI, IPQAH, Yayasan Ashabul Qur’an, Rumah Tahfidz Istiqomah, Rumah Tahfidz Istiqomah An-Noor, TPQ Raudatul Arifin dan Tahfidz Al-Qur’an Nurul Huda.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments