Ka.Kankemenag: Istighosah Ikhtiar Batin Cegah Bencana Batingsor

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengikuti acara Balangan Bermunajad yang diisi dengan Sholat Istighasah dan doa bersama duna hindarkan bendana di Kab. Balangan, Kamis (17/11/22) di Mesjid Al Akbar Balangan.

 

Saribuddin memaparkan bahwa Istighosah merupakan bentuk usaha dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan bersama ulama untuk meminta pertolongan dari Allah SWT agar diberikan kesehatan dan kekuatan menghadapi pandemi bencana banjir, putting beliung dan tanah longsor (Batingsor)  mengingat curah hujan yang tinggi menjelang akhir tahun dan awal tahun akibat perubahan cuaca ekstrem.

 

"Melalui sholat ini kita berdoa dan bermunajat bersama, mudah-mudahan hujan yang diturunkan oleh Allah menjadi suatu rahmat, dan tidak menimbulkan malapetaka serta bencana yang membawa kehancuran bagi bumi Sanggam," ujarnya.

 

Sayangnya, Balangan termasuk salah satu provinsi yang menjadi langganan banjir tiap musim hujan tiba. "Dari informasi yang kami dapat, beberapa wilayah di Kec. Halong telah terendam banjir lebih dari satu meter. Sekarang pun hujan terus mengguyur. Jadi mari kita berdoa bersama pula agar daerah yang terkena banjir cepat surut airnya dan warga yang terdampak mendapatkan kesabaran," harapnya.

 

Selanjutnya menurut Saribuddin sholat istighosah ini tidak hanya dilaksanakan di Mesjid Al Akbar, namun dilaksanakan serentak di mesjid dan musholla se-Kab. Balangan selepas sholat maghrib bersama-sama.

 

"Marilah kita berserah diri memohon ampun atas kesombongan kita, memohon petunjuk agar kita selamat dan bisa memberikan ilmu bagi keselamatan dan kesejahteraan umat," pungkasnya.

 

Sholat istighosah digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kab. Balangan sebagai rangkaian kegiatan Siaga Bencana Batingsor dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, ulama, serta masyarakat umum Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments