Ka.Kankemenag: Latar Belakang Beragam Buat Pesantren Jadi Ruang Moderasi Beragama

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan melalui seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) menggelar acara Pembinaan Pondok Pesantren se-Kab. Balangan Moderasi Beragama di Lingkungan Pondok Pesantren di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Rabu (23/11/22).

 

Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I yang membuka acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa pondok pesantren adalah lingkungan yang sudah tidak asing lagi dengan budaya moderasi beragama, mengingat latar belakang santri dan santriwatinya yang berasal dari berbagai wilayah.

 

"Dari daerah yang berbeda, terkadang ditemui praktek keagamaan yang sedikit berbeda. Namun selama praktek tersebut tetap bersandar pada Al-Qur'an dan Hadits, maka tidak perlu dilakukan perdebatan. Cari jalan tengah bersama-sama agar tetap saling menghormati," ujarnya.

 

Saribuddin menambahkan bahwa setiap kali membicarakan sesuatu yang terdapat pro dan kontra, santri diajarkan sikap mediate atau mengambil jalan tengah. Termasuk juga dalam mengambil pendapat dan bersikap sosial sehari-hari secara baik dan bijaksana.

 

"Pesantren membiasakan dan melatih santri-santrinya untuk bermusyawarah terkait urusan yang menyangkut orang banyak.  Musyawarah tidak hanya dilakukan pada masalah keagamaan, namun juga masalah sehari-hari," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menyampaikan bahwa para ulama, kiai dan ustadz di pondok pesantren merupakan penjaga moral umat di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat agar anak bangsa tetap ingat tujuan hidup beragama dan bernegaranya , dimana salah satunya adalah dengan menanamkan sikap moderasi beragama.

 

“Keharmonisan dalam keberagaman tidak akan sempurna tanpa adanya moderasi beragama. Masyarakat Indonesia terdiri atas enam agama. Agama yang mengajarkan sikap moderat itu harus dijalankankan oleh pemeluknya untuk harmonisasi dan keseimbangan hidup di masyarakat," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments