Ka.Kankemenag: Peran Humas Jangan Disepelekan

 


Rantau (Kemenag Balangan) - "Peranan humas jangan disepelakan," begitu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I usai mengikuti Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan III Tahun 2022 di Pendopo Galuh Bastari Rantau, Sabtu (05/11/22).

 

Saribuddin menerangkan bahwa meskipun peranan humas di masa sekarang mulai semakin terangkat ke permukaan, namun itu masih belum tergambar rinci dalam hal perencanaan. "Mengingat posisi humas berada di setjen, maka segala hal terkait kebijakan anggaran dianggap hanya menjadi kewenangan setjen. Padahal pada seksi lainnya apabila merencakan suatu kegiatan yang memerlukan peliputan, maka juga perlu dimasukkan anggaran kehumasan," jelasnya.

 

Lebih jauh Saribuddin menyatakan bahwa kegiatan seorang pimpinan atau kantor tidak akan bisa terkespos secara meluas tanpa ada peranan humas. "Jangan anggap kerjaan humas hanya foto-foto belaka, namun mengolah informasi yang dikumpulkan di lapangan menjadi laporan yang menarik untuk disimak khalayak adalah peran penting humas yang harus dihargai dalam rangka mengangkat citra instansi di masa masyarakat," tambahnya.

 

Terkait capain kinerja triwulan III, Saribuddin mengatakan bahwa realisasi Kankemenag Balangan berada di angka 79.91% dan sudah cukup bagus karena berada di atas angka target nasional.

 

"Ke depannya tentu akan tetap kita lakukan percepatan realisasi anggaran sehingga di akhir tahun nanti target 95% ke atas bisa kita raih," harapnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (KA.Kanwil) Kemenag Prov. Kalimantan Selatan Dr. H. Muhammad Tambrin, M.MPd. dalam sambutannya menyatakan bahwa Kinerja Triwulan III Tahun 2022 Kemenag Prov. Kalsel untuk realisasi kinerja 74,88%, realisasi anggaran 73,56% dengan rata-rata 74,22%, sehingga Prov. Kalsel se Indonesia berada di urutan ke 7.

 

"Selain percepatan anggatan, pastikan pula isu-isu strategis seperti penguatan moderasi beragama yang merupakan program skala prioritas Kemenag RI dapat dikawal dengan bersama-sama. Termasuk segala temuan Itjen Kemenag, segera selesaikan," pungkasnya.

 

Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan III dihadiri Kakankemenag dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel. Dari Kemenag Balangan selain Kakankemenag, hadir pula Hartudin, SE selaku Pengelola Laporan Evaluasi Kinerja Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments