Ka.Kankemenag: Pramuka Bantu Didik Karakter dan Kepemimpinan Kaum Muda

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa pramuka memiliki peranan penting dalam mendidik kau muda agar bisa bersikap mandiri dan memiliki karakter kuat serta memiliki jiwa kepemimpinan.

 

"Di dalam pelatihan pramuka diberikan tugas-tugas yang dapat membentuk karakter jiwa patriot, fisik yang kuat serta mempunyai keberanian dan kepribadian yang baik agar anak tersebut berahlak yang mulia dan berbudi pekerti yang baik," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Pelantikan Pengurus Mabiran dan Kwaran se-Kwarcab Balangan Periode 2022-2023 sekaligus HUT Pramuka ke-61 di Aula Mayang Maurai Kab. Balangan, Selasa (22/11/22).

 

Wahid menambahkan  bahwa Pramuka adalah satu-satunya kegiatan yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai suatu pendidikan karakter, yang dimana Kementerian Pendidikan juga sudah memasukkan pendidikan pramuka ini sebagai pendidikan karakter di sekolah-sekolah baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta satuan pendidikan setingkat di madrasah.

 

"Seiring perkembangan zaman, saya harap Pramuka dapat mengikuti perkembangan revolusi digital yang begitu pesat, dengan tidak hanya mengedepankan kemampuan teknik kepramukaan. Melainkan dengan kemampuan berfikir yang tinggi, pengetahuan yang luas, serta keterampilan yang hebat, ditambah lagi dengan softskill individu yang dimiliki setiap pramuka," tambahnya.

 

Selanjutnya Wahid mengucapkan selamat kepada pengurus pramuka yang baru dilantik. Dinyatakannya bahwa dengan adanya pelantikan ini maka, bertambah pula tanggung jawab dan tugas pokok dalam melaksanakan tugas.

 

"Semoga apa yang sudah diberikan dapat menjadi amanah, dan bersinergi dengan pemerintah Kab. Balangan sehingga nama pramuka sendiri akan semakin tumbuh besar dan banyak membawa dampak positif bagi masyarakat umum " pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments