Ka.Kankemenag: Studi Tiru Juara MTQ Ke LPTQ Jawa Timur Sudah Tepat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa keputusan untuk memilih Jawa Timur sebagai tempat untuk melaksanakan studi tiru bagi para juara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab. Balangan adalah tindakan yang tepat.

 

"Kita ketahui bersama bahwa Jawa Timur-lah yang menjadi juara umum pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) XXIX di Kalimantan Selatan yang baru saja berakhir. Posisi Jawa Timur dalam gelaran MTQ Nasional selama ini juga biasanya tidak lepas dari tiga besar," ujarnya dimintai keterangan pada kegiatan pelepasan peserta Studi Tiru Para Juara, Dewan Hakim, Tim Kerja MTQ Ke-15 dan Pimpinan Daerah Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah dan Hafiz/Hafizah (IPQAH) Kab. Balangan ke Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jawa Timur di Halaman mesjid Al Akbar Balangan, Selasa (08/11/22).

 

Selain itu menurut Saribuddin Jawa Timur memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata religi para peziarah indonesia mengingat adanya makam lima orang Wali Songo di provinsi tersebut. Sehingga kegiatan studi tiru bisa dibarengi dengan kegiatan ziarah keliling.

 

"Kita benar-benar mengapresiasi penghargaan pemerintah daerah kepada para Juara MTQ Kab. Balangan Tahun 2022 yang sanggup memberangkatkan lebih dari 300 orang untuk melakukan kunjungan studi tiru. Kita harap kunjungan ini bermanfaat dan menambah ilmu agar bisa diaplikasikan di daerah dalam rangka meningkatkan kualitas qari dan qari'ah di Banua Sanggam," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang melepas peserta secara langsung mengatakan bahwa selain memberangkatkan para juara ziarah ke Jawa Timur, sebelumnya juga telah dikirim dua orang qariah untuk melaksanakan ibadah Umrah, yaitu satu orang juara umum dan satu orang lainnya dipilih berdasarkan hasil undian.

 

"Di tahun depan sudah kami anggarkan lebih banyak lagi dana pembinaan bagi para qari kita di daerah, yaitu sekitar 3 Milyar. Tidak muluk muluk juara nasional, kita berharap semoga dengan pembinaan yang intens dan fasilitas yang memadai, qari kita bisa menorehkan prestasi yang membanggakan pada ajang MTQ Tingkat Prov. Kalsel di tahun-tahun ke depan," pungkasnya.

 

Sebelumnya, sudah berangkat rombongan pertama studi tiru ke Jawa Timur pada Selasa (03/11/22) sehingga total ada dua rombongan yang berangkat. Selain juara MTQ, turut ikut dalam kegiatan Studi Tiru para pengurus LPTQ Kab. Balangan, IFQAH Kab. Balangan, Dewan Hakim dan Tim Kerja MTQ ke-15 Kab Balangan, serta pimpinan daerah lainnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments