Ka.Kankemenag: Suksesnya MTQ Nasional Di Kalsel Berkat Kerjasama Banyak Pihak

 


Banjarmasin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan kesuksesan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) XXIX yang baru saja berakhir tidak akan bisa tanpa adanya kerjasama dari banyak pihak.

 

"Banyak pihak yang terlibat disini. Tentunya mulai dari Gubernur Kalsel, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, jajaran forkopimda, serta masyarakat Kalsel secara luas," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus LPTQ Se-Kalimantan Selatan di Hotel Rodhita Banjarmasin, Selasa (29/11/2022).

 

Saribuddin menambahkan kesuksesan  Kalsel sebagai tuan rumah ternyata juga berbanding lurus dengan capaian yang diperoleh oleh kafilah dalam gelaran MTQ tersebut, dimana Kalsel berhasil meraih  posisi ketiga, melesat jauh dibandingkan peringkat yang di dapat di tahun sebelumnya.

 

"Capaian tersebut tentunya harus dipertahankan, untuk bisa membuktikan bahwa kafilah kita tidak hanya jago kandang namun juga bisa bersaing di tanah orang," tambahnya.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut menurut Saribuddin perlu dilakukan latihan secara intens dari para kafilah, baik di bidang qari, seni serta lainnya, dan itu semua tidak bisa lepas dari dukungan pemerintah daerah terutama dalam hal pendanaan pelatihan.

 

"Alhamdulillah, untuk di Balangan sendiri, Bupati Balangan begitu antusias tanpa ragu menganggarkan hingga 3 milyar untuk pengembangan dan pelatihan qari. Mudah-mudahan itu menjadi pemicu semangat bagi qari dan qariah agar di ajang provinsi maupun nasional bisa selalu mengharumkan nama daerah," harapnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel Drs. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd dalam sambutannya saat menutup secara resmi Rakor LPTQ Kalsel menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga kepada Gubernur Kalsel dengan segenap jajarannya, atas perhatian, arahan dan bantuan material yang sangat besar atas terlaksananya MTQ Nasional ke XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan

 

"Kami sampaikan terimakasih pula kepada jajaran pengrurs LPTQ Kalsel yang telah bekerja secara baik dan maksimal serta para Kepala Bidang beserta Kepala Kemenag dan Kasi Bimas Islam se Kalsel atas penyambutan, layanan dan jamuannya utk kafilah kafilah se Indonesia yang menjadi peserta," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments