Penutupan TMMD, Ka.Kankemenag: Peran TNI Beri Manfaat Besar di Masyarakat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Penyelenggara Zakat Wakaf H. Syaipullah, S.Ag., M.H menyatakan bahwa melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Tentara Nasional Indonesia (TNI) bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat terutama dalam hal pembangunan.

 

"TNI selama ini memang memiliki citra yang dekat dengan masyarakat, tentunya itu karena program-program mereka yang memang banyak menyasar kesana, termasuk TMMD yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran kegiatan fisik maupun non fisik," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Upacara Penutupan TMMD ke-115 Kodim 1001/Hulu Sungai Utara di Lapangan Kantor Bupati Balangan, Rabu (09/10/22).

 

Syaipullah menambahkan bahwa dalam TMMD, terutama pada kegiatan pembangunan fisik, tidak jarang ditemui TNI yang turun langsung ke lapangan untuk melakukan proses pengerjaan bersama-sama masyarakat. "Disini bisa terlihat

kinerja satgas TMMD yang kompak dengan masyarakat. Apalagi dengan batas waktu yang telah ditentukan maka harus berorintasi hasil dengan untuk mensejahterakan masyarakat," tambahnya.

 

Syaipullah berharap sinergitas antara pemerintah dan TNI tetap terus berlanjut di program TMMD berikutnya, termasuk program-program lainnya.

 

"Kemenag juga siap berkoordinasi karena tidak jarang program TMMD bersentuhan dengan pembangunan atau rehab tempat ibadah masyarakat," paparnya.

 

Sementara Komandan Satgas TMMD Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja melaporkan hasil capaian dari sasaran fisik dan nonfisik TTMD, di antaranya penimbunan sirtu dan cor beton seratus persen selesai, serta sasaran fisik tambahan rehab masjid dan balai pertemuan juga 100 persen.

 

"Kami berharap hasil yang sudah dicapai dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga akses jalan yang sudah diperbaiki dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang pertanian," pungkasnya.

 

Selanjutnya Bupati Balangan melalui Sekda Kabupaten Balangan Sutikno menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kegiatan yang digelar oleh TNI untuk pembangunan desa.

 

"Kami berharap warga setempat turut menjaga apa yang sudah dibangun dan saya ucapkan terimakasih pula kepada masyarakat yang sudah bergotong royong dengan TNI untuk membangun jalan di desa," pungkasnya.

 

Diketahui, TMMD berlangsung selama 30 hari, dari tanggal 11 Oktober hingga 9 November 2022 di wilayah Transmigrasi Lajar Papuyuan, Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kab. Balangan dan melibatkan kurang lebih 110 personel gabungan dari TNI/Polri.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments