Bimtek KKG PKB, Ka.Kankemenag: Madrasah Hebat Bermartabat Jangan Jadi Sekedar Slogan, Wujudkan  


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengingatkan kepada para guru bahwa semboyan Madrasah Hebat Bermartabat jangan hanya dijadikan sekedar slogan, namun juga harus diwujudkan.

 

"Dan itu bisa dimulai dengan mewujudkan guru-guru yang berkompeten dalam bidangnya agar bisa mentranfer ilmu ke anak didik sesuai dengan apa yang diharapkan," ujarnya memberikan arahan pada Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Kerja Guru (KKG) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah Ibidaiyah (MI) Gugus 2 Kec. Awayan di MI Darussalam Awayan, Jum'at (02/12/22).

 

Saribuddin memaparkan bahwa profesionalisme guru adalah hal utama dalam mengemban tugas mulia mendidik dan mengajar para siswa mulai dari merencakan, melaksanakan hingga mengevaluasi proses pembelajaran dengan benar.

 

"Tentunya Bimtek ini salah satu upaya yang dilakukan oleh Pengurus KKG MI untuk membawa anggotanya mengasah kemampuan dan profesionalitasnya agar dapat terus ditingkatkan demi kemajuan mutu pendidikan di madrasah khususnya kecamatan Awayan,” tegasnya.

 

Lebih jauh menurut Saribuddin guru diharapkan memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya, jadi guru yang profesional harus bisa menyesuaikan tingkat pengetahuan dan karakteristik anak didik.

 

“Seorang guru yang profesional paling tidak harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi Profesional. Dengan demikian, guru yang profesional maka pada prinsipnya sudah memiliki integritas yang baik dalam dirinya," imbuhnya.

 

Sementara Pengawas Madrasah Rabiah Hasanah, S.Pd.I, MM mengatakan bahwa kegiatan bimtek ini  bersumber dari The Work Bank, sebesar Rp 15 juta yang dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan keterampilan guru dalam bertugas saat berada di kelas.

 

"Dari Kec. Awayan ada 18 orang guru yang mengikuti. Selain dari Kec. Awayan masih ada 3 gugus lainnya yang juga sedang mengadakan KKG PKB, yaitu 2 Gugus dari Kec. Lampihong masing-masing 18 orang guru, serta 1 gugus dari Kec. Juai sebanyak 15 guru, jadi total peserta berjumlah 69 orang," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments