Evaluasi Anggaran, Ka.Kankemenag: Jangan Puas Sesuai Target, Capai Lebih Tinggi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa dalam penggunaan anggaran belanja, jangan hanya puas setelah mencapai target minimal, namun harus lebih tinggi lagi.

 

"Walaupun jumlah belanja pegawai, barang atau modal sudah sesuai dengan target, apabila bisa memperoleh capain maksimal hingga 100%, kenapa tidak. Setidaknya, capaian harus lebih baik dari tahun sebelumnya," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Evaluasi Pelaksaan Anggaran dan Sosialisasi perekaman TKDN pada Aplikasi SAKTI yang diadakan oleh KPPN Tanjung via zoom meeting di ruang kerjanya, Kamis (01/12/22).

 

Saribuddin juga meminta agar pengelola keuangan memperhatikan capaian Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA) karena IKPA ibarat rapor selaku pelaksana APBN yang menjadi acuan untuk memberikan reward atau pengambilan kebijakan lainnya.

 

"IKPA adalah hasil bagaimana kualitas mengeolala keuangan berdasarkan 8 indikator yang telah ditetapkan. Dan bagusnya tidak hanya dari satu sisi, namun dari semua aspek keuangan," tambahnya.

 

Terkait capaian penyerapan anggaran dan IKPA per Desember 2022, Saribuddin mengatakan bahwa capaian Kemenag Balangan berada pada hasil sangat baik bahkan masuk dalam tiga satker terbaik.

 

"Untuk penyerapan Pagu di bawah 4 M, satker Kemenag Balangan ada di peringkat dua. Sedangkan untuk capaian IKPA, Pagu dibawah 4 M peringkat satu, Pagu anda 2-4 M juga peringkat satu. Apabila itu dipertahankan maka kemungkinan besar Kemenag Balangan akan mendapatkan penghargaan lagi di tahun depan," paparnya.

 

Dalam hal pelaporan IKPA, Kemenag Balangan juga tidak pernah terlambat atau melewati tanggal sehingga mendapatkan skor 100 dalam Indikator Deviasi Hal 3 DIPA, indikator penyerapan dan indikator pengelolaan UP TUP.

 

"Kita apresiasi luar biasa bagi pengelola keuangan di Kemenag Balangan. Semoga bisa dipertahankan agar anggaran terserap maksimal," harapnya.

 

Sementara Sigid Mulyadi, Kepala KPPN Tanjung dalam arahannya menyatakan bahwa penyerapan belanja pegawai untuk seluruh satker di lingkup KPPN Tanjung telah mencapai target, sedangkan untuk belanja barang dan modal masih di bawah angka yang diharapkan.

 

"Belanja pegawai target kita 95% sudah tercapai. Belanja barang yang harusnya 90% baru terealisasi 83%, begitu pula belanja modal dari target 90% baru tercapai 46%. Kami mohon kerjasama bapak ibu satu bulan ini bekerja keras untuk merealisasikannya, semoga bisa mencapai target minimal," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments