Haflah Qur'an, Ka.Subbag TU: Tunjukkan Hasil Binaan IPQAH Kecamatan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa kegiatan haflah qur'an tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, namun juga sebagai sarana untuk menampilkan hasil capaian kemampuan tilawatil qur'an para peserta binaan masing-masing IPQAH Kecamatan.

 

"Ini sekaligus ajang uji mental, dengan harapan pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) akan datang kita bisa meningkatkan prestasi, sesuai dengan harapan bupati untuk terus menggali qari qariah asli daerah sendiri," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan Haflah Tilawatil Qur'an se-Kab. Balangan yang digelar oleh Ikatan Pengurus Qari Qari'ah dan Hafizh Hafidzah (IPQAH) Kab. Balangan di Pondok Pesantren Al Hasaniyah Layap, Minggu (11/12/22).

 

Harmain menambahkan berbeda dengan kegiatan Haflah Qur'an yang baru saja berlangsung , kegiatan haflah kali ini sedikit lebih unik. Kalau pada haflah sebelumnya para peserta yang berpartisipasi adalah qari qariah yang telah teruji mentalnya dalam sejumlah ajang MTQ, maka pada haflah kali ini yang tampil adalah qari qariah tingkat anak yang bahkan belum pernah ikut bertanding di kejuaraan MTQ, namun mempunyai potensi apabila diasah dan dilatih dengan benar.

 

"Kalian adalah bibit penerus generasi MTQ di Balangan, jadi ikuti dengan baik pelatihan yang diselenggarakan oleh IFQAH. Apabila ada kesempatan untuk tampil, jangan sia-siakan. Dengan tampil maka kita bisa melatih mental, sehingga apabila ikut di kejuaraan MTQ nanti tidak gugup lagi," tambahnya.

 

Selanjutnya Harmain juga menyampaikan apresiasi kepada peserta yang sudah mengikuti pembelajaran Qira’ati dengan baik serta kepada para guru Qira’ati yang sudah membimbing siswa hingga bisa membaca Al-Qur’an.

 

“Al-Qur’an akan menjadi nur (cahaya) dimanapun kita berada dan sakinah (ketenangan) yang akan turun bersama orang yang membaca Al-Qur’an. Ingatlah agar dalam pembelajaran harus senantiasa menjaga adab-adab dan keseriusan, sehingga Allah SWT akan memudahkan kita dalam menerima ilmu," pungkasnya.

 

Kegiatan Haflah Tilawatil Qur'an diikuti oleh para siswa binaan IFQAH dari 8 kecamatan di Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ridauly

Related Posts

Post a Comment

0 Comments