Ka.Kankemenag Kukuhkan Pengurus APRI Balangan 2022-2026

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengukuhkan Pengurus Cabang (PC) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kab. Balangan Masa Bakti 2022-20226 di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Rabu (07/12/22).

 

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Ketua I Pengurus Wilayah (PW) APRI Kalimantan Selatan, Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Pelatihan PW APRIL Kalsel, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kab. Balangan, Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kab. Balangan serta para Kepala Seksi (Kasi) dan Penyelenggara di lingkup Kemenag Balangan.

 

Saribuddin dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada 21 orang penghulu yang dikukuhkan sebagai pengurus dan berharap melalui APRI sesama anggota bisa saling sharing pengalaman dalam memberikan pelayanan yang terbaik, dan menyokong segenap pengurus APRI berkontribusi aktif dalam pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA).

 

"Para penghulu mengemban peranan penting di masyarakat. Dengan adannya asosiasi penghulu ini diharapkan tidak hanya menjadi wadah tapi juga untuk tukar informasi, tukar pengetahuan dan updating kedinasan secara komperhensip. Jalankan tanggung jawab dengan ikhlas demi meningkatkan kinerja kepenghuluan dengan terus menjaga marwah kementerian Agama," pesannya.

 

Saribuddin juga berpesan kepada APRI untuk segera melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah terlebih setelah dilantik dan dinyatakan resmi sebagai pengurus.

 

"Kita punya pimpinan daerah yang begitu perhatian besar dengan kegiatan keagamaan. Silakan jalin koordinasi yang baik untuk membuka peluang kerjasama sebagaimana harapan Bupati," ujarnya.

 

Selanjutnya Ketua I PW APRI Kalsel H. Apdalani, S.Ag, MHI juga berpesan kepada para pengurus yang telah dikukuhkan untuk bersegera menyusun program akan kegiatan bisa dilaksanakan bedasarkan program yang  telah disusun dengan mantap.

 

"Kami juga minta kontribusi APRI demi kemajuan daerah dan organisasi APRI secara umum. Kami harap dalam setiap kegiatan APRI Balangan, APRI provinsi bisa ikut berperan aktif di dalamnya," ujarnya.

 

Sementara Ketua PC APRI Balangan terpilih Ahmad Gazali S.H.I menjelaskan bahwa pada awalnya sebelum APRI terbentuk ada organisasi yang menaungi para penghulu yaitu Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu), namun Pokjahulu belum terstruktur dengan baik dan memiliki payung hukum yang jelas secara terpusat.

 

"Dengan adanya APRI, diharapkan para penghulu bisa menjalin koordinasi yang lebih terprogram dan visioner. APRI tidak berjalan sendiri namun tetap di bawah rumah Kemenag. APRI tidak akan ada kalau tidak ada penghulu, penghulu tidak akan kalau tidak ada PNS, dan PNS sendiri yang mengangkat Kemenag," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments