Ka.Kankemenag: Layanan Pendaftaran Haji Bisa Diakses Melalui Pusaka Super Apps

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I memaparkan bahwa aplikasi Pusaka Super Apps  yang diluncurkan oleh Kemenag memiliki beberapa fitur layanan publik keagamaan yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah, terutama layanan yang biasanya sering dipertanyakan saat bertandang ke kantor Kemenag.

 

"Pertama adalah layanan pendaftaran haji. Pengguna tinggal login ke akun haji lalu mengisi dan melengkapi formulir pendaftarannya secara online. Jika belum punya akun haji, pengguna mengklik pilihan menu daftar lalu memasukkan NIK dan nomor validasi yang di dapat setelah melakukan setoran awal. Nantinya Surat Pendaftaran Haji (SPH) yang berisi nomor porsi jemaah dikirimkan ke email pengguna dan dapat didownload melalui Pusaka," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (12/12/22).

 

Ada pula layanan Sistem Informasi Data Perizinan (Sindi), serta layanan pendafataran nikah dimana pasangan calon pengantin mengisi form jadwal nikah, lokasi, data calon suami dan calon istri, serta mengupload dokumen persyaratan.

 

"Kemudian ada layanan sertifikasi halal, mulai dari pendaftaran, pencarian produk halal, pengecekan sertifikasi halal, serta penjelasan terkait prosedur dan alur proses sertifikasi halal," tambahnya.

 

Terakhir juga ada layanan pengaduan masyarakat dimana pengguna bisa mengadukan berbagai keluhan yang dialami maupun memberikan saran demi perbaikan instansi ke depan.

 

"Pusaka Super Apps ini adalah aplikasi baru yang masih melalui tahap pengembangan. Kita berharap pada tahap awal ini akan ada banyak pengguna yang mengakses aplikasi, agar kita bisa mengetahui ketahanan aplikasi terhadap banyaknya jumlah akses, fitur yang paling sering digunakan, serta fitur apa lagi yang paling dibutuhkan. Mari gunakan Pusaka Super Apps sebagai sebagai bagian dari beta tes users juga untuk mempermudah kita sebagai pengguna dalam mengakses pelayanan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments