Ka.Kankemenag: Tema HAB 2023 Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyampaikan bahwa Tema Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag Ke-77 Tahun 2023 mengangkat tagline 'Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.'

 

"Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Nomor 40 Tahun 2022 tentang Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2023," ujarnya dimintai keterangan pada Jum'at (09/12/22).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa rangkain kegiatan HAB 77 sudah dimulai pada tanggal 10 Desember 2022 dan berakhir pada  15 Januari 2023.

 

"Kegiatan HAB diisi mulai dari publikasi HAB ke-77 melalui baliho, spanduk, media sosial dan website, pembukaan kegiatan HAB tanggal 20 Desember 2022, bhakti sosial dan santunan akan yatim Dharma Wanita Persatuan (DWP), pertandingan olahraga dan hiburan, ziarah ke para pendiri dan pendahulu, silaturahmi bersama tokoh-tokoh agama untuk kerukunan umat, upacara HAB, tasyarakuran, dan ditutup dengan jalan santai kerukunan," paparnya panjang lebar.

 

Saribuddin menambahkan bahwa kegiatan bhakti sosial dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan atau aktivitas sosial seperti penggalangan donasi sukarela dari Aparatur Spil Negara (ASN) Kemenag untuk yang terdampak bencana alam, donor darah, atau santunan yaitu piatu.

 

"Sementara pertandingan yang bisa dilaksanakan meliputi futsal, tenis meja, volly, bulu tangkis, atau jenis lomba lainnya. Sedangkan hiburan dapat dilaksanakan dalam bentuk lomba balap karung, tarik tambang, dan lainnya dengan tujuan memeriahkan HAB dan memperkuat kerukunan umat," tambahnya.

 

Adapun upacara HAB akan dilaksanakn pada Selasa, 3 Januari 2023 pukul 07.30 di seluruh satuan kerja Kemenag pusat dan daerah, yang mana pakaian pria kemeja putih dan celana hitam, sedang wanita atasan putih, bawahan hitam dan bagi yang muslimah berkerudung putih.

 

"Pelaksanaan kegiatan tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing satuan kerja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan prinsip-prinsip ksederhanaan dan kekhidmatan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments