Kasi PAKIS: SIPDAR-PQ Permudah Urusan Piagam Operasional dan Nomor Statistik LPQ

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Syamsuri Arysad, M.Fil.I menyatakan kehadiran aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Lembaga Pendidikan (SIPDAR-PQ) akan mempermudah Lembaga Pendidikan Al-Qur'an dalam pengurusan piagam operasional dan nomor statistik.

 

"SIPDAR-PQ merupakan aplikasi terobosan dari Direktorat PD dan Pontren Kemenag yang bertujuan untuk lebih memudahkan memperoleh data LPQ secara online dan mengurangi kendala yang sering dihadapi yaitu kesulitan untuk mengakses data LPQ yang dapat mempengaruhi pengambilan kebijakan, karena sebelumnya data hanya bisa didapat secara manual atau bergantung pada operator," ujarnya saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan SIPDAR-PQ Kantor Kemenag Kab. Balangan Tahun 2022 yang mendatangkan narasumber dari bidang PAPKIS Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimanntan Selatan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (15/12/22).

 

Syamsuri menjelaskan aplikasi SIPDAR-PQ memuat proses pelayanan pendirian lembaga hingga updating data LPQ yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Piagam Operasional beserta nomor statistik juga dapat langsung diprint dari aplikasi ini, setelah SK Dirjen Pendidikan Islam diunggah di SIPDAR-PQ.

 

“Dengan adanya aplikasi ini, maka LPQ yang ada di Kab. Balangan akan lebih mudah terdata dan dengan adanya pendataan yang akurat maka pemetaan akan lebih mudah dilakukan,”ujarnya.

 

Meski begitu menurut Syamsuri, sebagus apapun aplikasi apabila tidak digunakan maka akan sia-sia. Berhubung aplikasi SIPDAR-PQ terhubungan dengan data di Emis, dirinya meminta para operator agar memperbaiki dan melengkapi data Emisnya. Bagi yang belum terdaftar di Emis, maka segera mendaftar. 

 

“Kita ingin semua lembaga TPQ se Kab. Balangan terupdate semua, karena jika semua telah terupdate melalui EMIS, nantinya akan dapat mengakses banyak bantuan,” tutupnya.

 

Selanjutnya Yulianor, S.Sos. selaku operator Emis Kemenag Balangan menyatakan bahwa berdasarkan data di SIPDAR-PQ maka total ada 168 LPQ yang aktif di Balangan, dengan 165 LPQ mengharuskan untuk pembaharuan data.

 

"Dari semua LPT tersebut ada yang piagam operasionalnya sudah terbit ada juga yang belum. Bagi yang belum terbit harap segera lengkapi data agar piagam operasional dan nomor statistiknya terbit," pungkasnya.

 

Kegiatan diikuti oleh delapan orang operator LPQ perwakilan dari 8 LPQ dari 8 kecamatan di Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments