Kasi Penmad: Akreditasi PAUD menjadi Landasan Peningkatan Mutu Pendidikan Anak



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa akreditasi merupakan proyek yang menjadi landasan dan dasar bagi peningkatan mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta pendidikan di jenjang selanjutnya di Indonesia, khususnya di Kalimantan Selatan.

 

"Akreditasi penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Lembaga yang sudah terakreditasi, terbukti sudah menjalankan proses pendidikan sesuai dengan standar pendidikan nasional, baik secara konten, proses, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan pengelolaannya," ujarnya dimintai keterangan saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin, (5/12/22).

 

Menanggapi urgensi akreditasi pada lembaga PAUD, Rahmadi memaparkan bahwa sebelumnya dirinya telah mengikuti Rapat Koordinasi Daerah Tahap II Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk sinkronisasi, konsolidasi serta percepatan dalam rangka melaksanakan akreditasi Raudathul Athfal (RA), PAUD, Taman Kanak-Kanak (TK), serta PNF yaitu pendidkan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren.

 

"Hasil konsolidasi tersebut adalah ditandatanganinya Momeranum of Understanding (Mou) antara Kemenang dengan BAN PAUD PNF, PAUD Provinsi Kalsel, serta Dinas Pendidikan Kab/Kota se-Kalsel," paparnya.

 

Adapun syarat bagi PAUD dan PNF yang ingin mendapatkan akreditasi adalah harus memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) dan mengisi Dapodik, mengajukan permohonan akreditasi kepada BAN PAUD PNF melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena-2) PAUD dan PNF, memiliki izin operasional program yang diajukan akreditasi dari Kemenag yang masih berlaku, serta wajid mengajukan semua program yang diselenggarakan sesuai Dapodik.

 

"Kita harap lembaga PAUD dan PNF di Balangan bisa segera mengajukan akreditasi agar mutu pendidikan kita menjadi lebih baik dan berkualitas," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments