Pengawas: Ada Penambahan Satu RA di Balangan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Norhamidah, S.Pd menyampaikan bahwa untuk tahun pelajaran 2022/2023, ada penambahan satu Raudathul Athfal (RA) di Balangan, yaitu RA Raudah Tahfizh Qur'an di desa Lingsir.

 

"Selain RA juga ada penambahan satu Madrasah Ibitidayah (MI) Raudah Tahfizh Qur'an, keduanya berada pada satu yayasan yang sama," ujarnya saat menyampaikan amanat pada apel Senin (12/12/22) pagi di halaman Kantor Kemenag Balangan.

 

Dengan penambahan RA tersebut, maka berarti total ada 9 buah RA yang ada di lingkup Balangan.

 

"Sebenarnya RA dan MI tersebut sudah beroperasi semenjak tahun 2020, namun masih mengikut dengan yayasan induk yang ada di Hulu Sungai Utara (HSU). Setelah terkendala kondisi pandemi, mereka baru-baru saja mengurus izin operasional ke Kemenag Balangan agar bisa berdikari sendiri dan meluluskan siswa dengan ijazah sendiri," tambah Hamidah yang juga bertugas selaku pengawas RA.

 

Hamidah menambahkan bahwa satuan pendidikan baiknya memiliki izin dan melaporkan status pendiriannya ke Kemenag. Karena apabila madrasah yang tidak berizin meluluskan siswa, ditakutkan ijazah siswa tersebut tidak diakui dan tidak bisa dipergunakan untuk syarat menyambung ke jenjang yang lebih tinggi.

 

"Apalagi syarat mengurusnya juga tidaklah ribet. Yayasan bisa mengurus izin secara onlien di situs https://ijopmadrasah.kemenag.go.id/. Tugas kemenag hanyalah melakukan verifikasi dokumen dan lapangan. Apabila semua dinyatakan benar dan layak, maka akan keluar Surat Keputusan dan Piagam Pendirian yang ditandatangani oleh Kepala Kankemenag," paparnya.

 

Selannjutnya Hamidah berharap dengan adanya penambahan RA tersebut, bisa menjadi motivasi agar RA Faizatul Yamin yang ada di lingkungan Kemenag bisa beroperasi di tahun pelajaran yang akan datang.

 

"Sekarang tinggal melakukan pemasangan platfon dan pengecatan serta pembenahan lingkungan bermain baik di luar maupun di dalam ruang kelas. Dengan dukungan banyak pihak, mudah-mudahan bisa segera rampung," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments