Peringati Hari KORPRI, Ka.Kankemenag Pinta ASN Resapi Makna Lambangnya

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2022 dengan mengkhayati kembali apa arti dari lambang KORPRI.

 

"Lambang KORPRI sering dijumpai, namun sadarilah ada makna besar dan mendalam yang terkandung dari simbol tersebut," ujarnya dimintai keterangan pada Selasa (29/12/22) terkait HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022.

 

Saribuddin menjelaskan bahwa lambang KORPRI terdiri dari tiga bagian pokok, yaitu pohon, bangunan dan sayap yang masing-masing ada filosofinya.

 

"Pohon dengan 17 ranting, 8 dahan dan 45 daun, yang melambangkan perjuangan sesuai dengan fungsi dan peranan Korpri sebagai Aparatur Negara Republik Indonesia yang dimulai sejak diproklamasikannya negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945," jelasnya.

 

Kemudian bangunan berbentuk balairung dengan lima tiang, melambangkan tempat dan wahana sebagai pemersatu seluruh anggota Korpri, perekat bangsa pada umumnya untuk mendukung Pemerintah Republik Indonesia yang stabil dan demokratis dalam upaya mencapai tujuan nasional dengan berdasarkan Pancasila dan jatidiri, kode etik serta paradigma baru Korpri.

 

"Lalu sayap yang besar dan kuat berelar 4 ditengah dan 5  ditepi melambangkan pengabdian dan perjuangan Korpri untuk mewujudkan organisasi yang mandiri dan profesional dalam rangka mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia yang luhur dan dinamis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," paparnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menyampaikan adapun tema HUT KORPRI 2022 adalah KORPRI Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri.

 

"Tema tersebut bermakna harapan para anggota KORPRI tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments