Terima DIPA 2023, Ka.Kankemenag: Segera Telaah Agar Januari Sudah Bisa Start

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) didampingi Pranata  Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Hartudin, SE menghadiri penyerahan  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 Satker Wilayah Pembayaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung di Aula KPPN Tanjung, Rabu (14/12/22).

 

Petikan DIPA Tahun 2023 Kemenag Balangan meliputi 6 Satker yaitu Sekretariat Jenderal, Bimas Islam, Pendis, PHU, Bimas Kristen, dan Bimas Buddha dengan total Rp. 47.776.193.000, yang diserahkan bersama-sama dengan penyerahan DIPA bagi KPA Kepala Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah di Balangan.

 

"Setelah diterimanya petikan DIPA, saya pinta para KPA untuk bisa menelaah DIPA secepatnya, agar di bulan Januari 2023 kegiatan sudah mulai bisa start dilaksanakan," ujarnya saat dimintai keterangan.

 

Saribuddin juga meminta agar pelaksaan kegiatan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. "Kalau bisa tahun mendatang, bulan Desember sudah bersih, tidak ada lagi kegiatan," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin berharap DIPA dapat dilaksanakan dengan penuh amanah karena harus dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. "Para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) segera menelaah DIPA dan membuat schedule pelaksanaannya agar terserap dengan baik," paparnya.

 

Lebih jauh Saribuddin mengingatkan bahwa pada tahun 2023 ini arah kebijakan belanja negara memprioritaskan belanja pendidikan dan kesehatan untuk membangun SDM unggul dan produktif sehingga penyusunan DIPA harus berbanding lurus dengan prioritas tersebut.

 

“Saya sangat berharap semua satker nantinya, dalam pengelolaan DIPA harus dapat terlaksana dengan baik, sinkron dan sesuai aturan, serta tepat guna, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat aturan. Setiap ada kendala harus segera adakan koordinasi untuk mencari solusinya,” tutupnya.

 

Usai penyerahan DIPA, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas dan pernyataan komitmen KPA  secara simbolis oleh Ka.Kankemenag Balangan sebagai KPA dan Kepala KPPN Tanjung sebagai komitmen bersama untuk menjaga integritas dan melaksanakan anggaran secara optimal.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments