Mulai Februari 2023, Ka.Kankemenag Pinta ASN Isi Absensi di Pusaka

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menginstruksikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkup Kemenag Balangan untuk menggunakan aplikasi Pusaka SuperApss milik Kemenag RI terhitung mulai 1 Februari 2023.

 

"Pada aplikasi tersebut ada menu absensi yang terhubung langsung dengan Simpeg pegawai. Mulai awal Februari ASN diminta untuk mengisi absen masuk dan pulang di aplikasi tersebut," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Rapat Koordinasi Kemenag Kalsel via zoom meeting di ruang kerjanya, Senin (30/01/23).

 

Saribuddin memberikan arahan kepada ASN untuk segera mendowload aplikasi Pusaka SuperApss yang bisa diunduh di Playstore secara gratis dan apabila sudah terinstal, tiap satker wajib melaporkannya ke bagian kepegawaian selambatnya pada Selasa (31/01/23).

 

"Setelah terpasang, pada menu login silahkan login menggunakan username dan password akun Simpeg masing-masing.  Apabila memiliki kendala saat login seperti lupa password, bisa menghubungi bagian kepegawaian untuk melakukan reset password," tambahnya.

 

Saribuddin menambahkan bahwa penggunaan Pusaka untuk mengisi absensi pada bulan Februari ini masih dalam tahap percobaan. Sehingga absensi dalam bentuk finger print tetap harus dilakukan sebagai back up apabila ada kenda.

 

"Selama satu bulan ke depan nanti kita lihat hasilnya, apakah ada kendala, kita kan belum tahu. Misalnya kendala konkesi internet dan perangkat, terutama untuk ASN yang bekerja di daerah lemah sinyal. Absensi di Pusaka nanti akan langsung terhubung ke Simpeg pegawai, kalau ada ketidaksesuaian waktu saat absen dan laporan di Simpeg, akan kita kaji lagi ke depan," paparnya.

 

Meski begitu Saribuddin berharap tidak ada kendala serius dalam pengisian absensi di Pusaka.

 

"Target kita pada Juni 2023, semua ASN sudah menggunakan Pusaka untuk absensi. Selain mengisi absen, silahkan juga gunakan menu-menu lain yang ada di aplikasi Pusaka sesuai kebutuhan. Pasti bermanfaat," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments