Bimtek SIRUP, Ka.Subbag TU: RUP Landasan Utama Kegiatan

 


Dalam rangka percepatan pengadaan barang dan Jasa, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penginputan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) pada Satuan kerja di Aula Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 2 Balangan, Senin (13/02/23).

 

Pranata  Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Hartudin, SE selaku pembimbing menjelaskan bahwa SIRUP adalah aplikasi yang berbasis website yang fungsinya sebagai sarana alat untuk mengumumkan rencana umum pengadaan.

 

"Pengadaan yang baik dimulai dengan perencanaan yang tepat, termasuk diantaranya proses input RUP pada Aplikasi SiRUP," ujarnya.

 

Hartudin menambahkan kegiatan bimtek ini dipandang perlu dilakukan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang memadai, serta menghindari kesalahan dalam melakukan penginputan data.

 

"Diharapkan setelah acara ini, para admin dari pengguna anggaran sudah mengerti dan paham untuk segera melakukan penginputan data anggaran kedalam Aplikasi SIRUP. Kita juga ingin duntuk tahun 2023 tidak ada lagi satker Kemenag yang tidak menginput data anggarannya kedalam SIRUP," tambahnya.

 

Pada acara yang diikuti oleh operator di tingkat MAN dan MTsN se-Kab. Balangan tersebut, para pengguna anggaran diberi pendampingan penginputan data ke https://sirup.lkpp.go.id/ sehingga seusai acara, semua satker yang berkewajiban telah tuntas mengisikan anggaran yang diminta.

 

"Alhamdulillah, dengan penginputan  data ini kita telah menjalankan amanah sesuai  Perpres no 54 tahun 2010 tentang pengumuman Rencana Umum Pengadaan Barang/jasa secara terbuka kepada masyarakat luas," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Harmainor, S.Pd.I, MM diwawancarai pada kesempatan terpisah menyatakan bahwa penginputan RUP menjadi landasan utama dari kegiatan-kegiatan yang telah di tetapkan dalam APBD yang tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

 

"Keterlambatan dalam penginputan pengadaan di SIRUP LKPP akan memperlambabat proses selanjutnya, sehingga dengan lancarnya penginputan, kita bisa melangkah ke kegiatan-kegiatan berikutnya.  Terima kasih PPK dan operator pendamping yang secara bersungguh-sungguh dan penuh kecermatan telah melakukan input RUP pada Aplikasi SIRUP" tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments