Ka.Kankemenag: ASN Harus Responsif dan Cepat Tanggap Pada Isu Strategis

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag harus bersikap cepat tanggap dan responsif terhadap berbagai isu yang berkembang terkait kementerian agama, apalagi yang berhubungan erat dengan masyarakat.

 

"Seperti isu yang sekarang sedang ramai dibicarakan adalah terkait keberangkatan haji. ASN diminta bisa cepat meluruskan berita menyimpang serta menangkal berita hoaks yang beredar," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kemenag Prov. Kalimantan Selatan Tahun 2023 di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Jum'at (24/02/23).

 

Saribuddin menekankan terutama bagi ASN yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti penyuluh agama, memiliki peranan besar sebagai penyambung pesan pemerintah, karena menjadi tempat tumpuan masyarakat yang ingin bertanya apabila ditemukan berita terkait kebijakan kemenag.

 

"Karenanya ASN juga harus memiliki kesadaran digital yang tinggi, ikuti perkembangan kemajuan teknologi dan informasi sehingga selain selalu memperoleh informasi terupdata, juga bisa menjadikan internet sebagai media untuk menyampaikan pesan kebenaran," tambahnya.

 

Selanjutnya sendekati musim politik tahun 2024, Saribuddin berharap ASN bisa mempertahankan sikap netralitas terkait statusnya sebagai abdi negara tanpa berpihak pada satu golongan.

 

"Tunjukkan sikap profesionalitas baik pada sikap maupun pekerjaan, serta memegang tegus integritas sebagai pegawai di instansi Kemenag," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa Rakerwil dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari Rapat Kerja Nasional di Surabaya Jawa Timur yang menjadi konsentrasi besar dalam rangka memperluas cakrawala berpikir di era derasnya globalisasi berbagai isu strategis dan fenomena yang terus berkembang.

 

“Kementerian agama harus  fokus terus meningkatkan layanan keagamaan dan peningkatan kualitas kehidupan beragama yang diperkuat dengan moderasi beragama untuk mewujudkan masyarakat yang saleh, yang baik dan saling menghormati, berkomunikasi dan berkoordinasi,” tandasnya.

 

Rakerwil Kemenag Kalsel berlangsung selama 3 hari pada tanggal 23 s.d 25 Pebruari 2023 dengan menghadirikan 166 peserta yang terdiri dari para pejabat,  sub Koordinator fungsional tertentu, dan perwakilan ASN  Kemenag se Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments