Ka.Kankemenag Harap IPQAH Bina Qari Demi Lahirkan Generasi Qur'ani

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta Ikatan Persaudaraan Qori Qoriah Hafizh Hafizhah (IPQAH) berperan aktif dalam proses pembinaan Qari dan Qariah demi melahirkan generasi Qur'ani di Kab. Balangan.

 

"IPQAH harus mampu mampu berkolaborasi dengan organisasi keagamaan lainnya yang fokus kepada pembinaan generasi Qurani seperti LPTQ dan BKPRMI sehingga terwujud generasi Qurani yang mampu bersaing di Tingkat Provinsi sampai Internasional," ujarnya saat memberikan sambutan pada Rapat Pembentukan Pengurus IPQAH Kab. Balangan Peridoe 2023 - 2028 di rumah makan Salsabila, Selasa (07/02/23).

 

Terlebih menurut Saribuddin, para qari qariah Kab. Balangan akan bertanding di ajang Musaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang rencananya akan digelar di pertengahan tahun 2023.

 

"IPQAH memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas qori-qoriah dan hafiz-hafizah, dan diharapkan turut berperan aktif dalam membina qari untuk mempersiapkan diri dalam setiap pertandingan," tambahnya yang juga menjabat sebagai Pelindung IPQAH Kab. Balangan.

 

Selanjutnya Saribuddin berharap bagi para pengurun IPQAH Kab. Balangan Peridoe 2023-2028 terpilih untuk

segera menyusun program kerja baik program jangka pendek maupun program jangka panjang dalam rangka mendukung setiap kegiatan yang digelar pemerintah daerah terutama dalam kegiatan keagamaan.

 

"Piimpinan daerah kita sangat ingin kegiatan keagamaan di daerah maju. IPQAH bisa turut ambil peranan khususnya di masyarakat, dengan memberdayakan para qari-qariah dan hafiz-hafizah yang selama ini masih aktif untuk memberikan pelatihan dan pembinaan Al-Qur'an bagi qari muda di tiap-tiap kecamatan," tutupnya.

 

Terpilih sebagai Ketua Umum IPQAH Drs. H. Saiful Hadi, MM yang pada periode sebelumnya juga menjabat sebagai ketua Umum IPQAH Kab. Balangan, Wakil Ketua Drs. H. Jamruni, Sekretaris Ahmad Irpani, S.Sos.I dan bendahara H. Abd. Syukur, S.Pd.I.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments