Ka.Kankemenag Pinta Madrasah Bentuk Komite KSM

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H, Saribuddin, M.Pd.I meminta madrasah untuk membentuk Komite Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kab. Balangan untuk mempersiapakn penyelenggaraan KSM yang diperkirakan mulai berlangsung di bulan Agustus.

 

"Sebelumnya kita memang tidak memiliki Komite KSM. Di tahun-tahun sebelumnya, yang bertugas sebagai penyelenggara KSM ada di bagian seksi Pendidikan Madrasah, mulai dari pelaksanaan di Kabupaten hingga pengiriman ke provinsi. Kalau kita punya komite, maka pengerjaannya bisa lebih efektif dan efisien dengan melibatkan langsung guru-guru di madrasah," ujarnya saat memberikan sambutan para Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kab. Balangan di MI Sirajudin Muara Ninian Juai, Kamis (09/02/23).

 

Saribuddin menambahkan dengan adanya Komite KSM, maka akan memudahkan pula untuk mengajukan proposal ke daerah, baik untuk keberhasilan pelaksanaan di tingkat kabupaten maupun untuk pemberangkatan peserta di tingkat provinsi termasuk pendampingannya.

 

"Selain itu setelah Komite KSM tingkat kabupaten terbentuk, tiap madrasah bisa kembali membentuk komite-komite internal untuk menyiapkan siswanya dalam gelaran KSM," tambahnya.

 

Mengingat wacana pembentukan Komite KSM ini masih dalam tahapan awal, Saribuddin berharap setelah ini KKMI bisa kembali berembuk dengan KKMTs dan KKMA terkait pematangan pembentukan Komite KSM.

 

"Harapan kita Komite KSM bisa terbentuk sebelum KSM Tingkat Kabupaten digelar. Dan semoga dengan adanya Komite KSM ini, selain bisa membuat pelaksanaan menjadi lebih sukses, juga meningkatkan prestasi anak didik kita di ajang KSM baik di tingkat provinsi maupun nasional," pungkasnya.

 

Selain pembentukan Komite KSM, dalam rapat dibahas pula mengenai pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) .

 

Rakor KKMI juga dihadiri pengawas madrasah serta kepala MI baik negeri maupun swasta di lingkup Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments