Ka.Kankemenag: Seluruh Satker Kemenag Balangan Penuhi Target 100% Tutup Buku SAKTI

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa seluruh satuan kerja (satker) Kemenag Balangan pemegang anggaran DIPA telah meneuhi target 100% tutup buku Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahun 2022.

 

"Alhamdulillah berdasarkan laporan, sebelum deadline pada Sabtu (25/02/23) pukul 00.00 WIB kemarin, satker kemang telah melakukan tutup periode SAKTI. Berselang sebelumnya sudah ada beberapa yang melakukan tutup buku, sisanya hanya perlu diingatkan dan langsung segera melakukan penutupan," ujarnya dimintai keterangan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/02/23).

 

Saribuddin menerangkan bahwa Tutup Periode Persediaan merupakan salah satu proses yang penting di modul persediaan. Selain untuk menjaga transaksi agar tidak terjadi salah periode, juga untuk menyusun saldo akhir (Periode Balance) persediaan per periode, yang mana informasi Periode Balance ini digunakan pada saat pengiriman data persediaan ke Aset Tetap dan untuk bahan rekonsiliasi dengan modul GLP.

 

"Apabila tutuk buku ini tidak dilakukan akan mengakibatkan proses penyusunan LKKA 2023 Unaudited terganggu dan berpotensi pada keterlambatan penyampaian LKKA ke Menteri Keuangan dan Opini BPK pada akhirnya," tambahnya.

 

Berdasarkan informasi terakhir diketahui bahwa dari 5.669 satker Kemenag se-Indonesia, tersisa ada 39 satker yang belum tutup periode dikarenakan ada permasalahan teknis di aplikasi Sakti sehingga belum bisa tutup buku, yang mana nantinya akan diminta untuk tetap diusahakan bisa segera tutup buku agar tidak melakukan penginoutan transaski apapun di semua modul Sakti.

 

"Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama para operator di satker di lingkup Kemenag Balangan sehingga bisa menyelesaikan tutup periode SAKTI sesuai target," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments