Ka.Kankemenag Targetkan 48 Orang Penyuluh Menjadi Pendamping PPH di Balangan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta peran aktif para Penyuluh Agama Islam (PAI) baik yang PNS maupun Non PNS untuk mensukseskan program satu juta sertifikasi halal gratis yang dicanangkan pemerintah.

 

"Target kita ada 48 orang penyuluh di Balangan yang akan bergabung menjadi Pendamping Proses Penjamin Halal (PPH) dan nantinya akan mendapatkan pelatihan lebih mendalam," ujarnya saat ditemui usai mengikuti Rapat Koordinasi Pelatihan Pendampingan Jaminan Produk Halal Bagi Penyuluh Agama Islam Tahun 2023 via zoom di ruang kerjanya, Senin (06/02/23).

 

Saribuddin mengungkapkan bahwa selama ini tidak semua lapisan masyarakat terutama pelaku usaha menyadari sertifikat produk halal, sehingga dibutuhkan edukasi di masyarakat luas.

 

“Menjadi pendamping produk halal bukan saja membantu masyarakat dalam memperoleh sertifikat halal tetapi lebih ditekankan pada edukasi kepada masyarakat agar memahami dan menyadari pentingnya sertifikasi halal," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin, makanan yang halal tidak dikhususkan bagi kaum muslimin saja tetapi bagi umum. Halal dan baik menjadi sangat penting sehingga sertifikasi halal akan menjadi produk unggulan apabila terlaksana dengan baik dan lancar.

 

"Saya berharap teman-teman penyuluh pendamping PPH harus memberikan inspirasi dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat serta bisa memaksimalkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pendampingan. Hal tersebut akan menjadi kemaslahatan yang luar biasa," ungkapnya.

 

Dalam waktu dekat tepatnya pada tanggal 9 sampai 11 Februari 2023, para penyuluh yang terpilih menjadi pendamping PPH akan mengikuti Pelatihan Pendampingan PPH secara daring dan Saribuddin berharap penyuluh bisa mengikuti kegiatan dengan seksama.

 

"Selesai mengikuti pelatihan, nantinya para penyuluh agama bersama Lembaga Pendampingan Proses Produk Halal dan BPJPH dapat langsung terjun untuk mendampingi pelaku Usaha Mikro Kecil," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments