Kasi Bimas Islam Tekankan Pentingnya Pembaharuan Status KTP Muallaf

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa seseorang yang memiliki status sebagai muallaf perlu diberikan kemudahan dalam proses penggantian status agama pada kartu identitas yang dimilikinya.

 

"Baiknya muallaf melakukan pembaharuan status agama baik di KTP maupun Kartu Keluarga (KK). Lebih cepat lebih baik, pergantian ini sama urgensinya seperti seseorang mengganti status pernikahan apabila menikah atau berpisah," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Rabu (22/02/23).

 

Wahid memaparkan bahwa sesungguhnya ajaran agama Islam sungguh mudah. Bagi siapa saja yang ingin memeluk Islam, cukup mengucapkan dua kalimat syahadat. Namun, mualaf patut memperhatikan syarat administrasi untuk melengkapi status sebagai Muslim di Indonesia.

 

"Proses pengucapan dua kalimat syahadat ini minimal disaksikan dua orang saksi yang tercatat dalam dokumen.  Lebih bijaknya lagi jika seseorang ingin masuk Islam, maka dipersilakan mengisi surat bermaterai yang menyatakan masuk Islam atas dasar kemauan sendiri," tambahnya.

 

Surat pernyataan tersebut menurut Wahid akan bisa menjadi dasar untuk seseorang mengubah status agamanya di Kantor Pencatatan Sipil. Namun bagi yang tidak memiliki surat tersebut, maka Kemenag bekerja sama dengan Lazis Assalam Fil Alamin akan memfasilitasi proses pengubahan data tersebut.

 

"Kami telah memberi instruksi bagi para penyuluh agama Islam untuk mendata muallaf yang ada di tiap kecamatan di Kab. Balangan. Bagi yang belum mengubah status agamanya terdahulu, kami minta untuk mengumpulkan KTP dan KK nya, agar dibantu proses pergantiannya," terangnya.

 

Selanjutnya menurut Wahid, muallaf yang ada di Balangan sebagian besar terkonsentrasi di Kec. Halong dan Tebing Tinggi, mengingat disana masih banyak penduduk yang menganut keyakinan kaharingan.

 

"Bagi para muallaf, nantinya Lazis Assalam Fil Alamin melalui Kemenag juga akan memberikan santunan paket Idul Fitri, sebagai bentuk sambutan agar mereka tetap istiqamah dalam keislaman," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments