Kasi PHU: Kuota Haji Kalsel Tahun 2023 Naik Dua Kali Lipat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Plt. Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indoensia Tahun 1444 Hijriah / 2023 Masehi, didapati bahwa jumlah kuota haji reguler provinsi Kalimantan ada sebanyak 3.818 jamaah.

 

"Jika dibandingkan dengan kuota jamaah haji tahun 2022 yang sebanyak 1.743, artinya kuota kita tahun ini naik lebih dari dua kali lipat," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (27/02/23).

 

Adapun rincian kuota tahun ini yaitu bagi jamaah reguler sebanyak 3.583 orang, prioritas lanjut usia 191 orang, pembimbing KBIHU 11 orang, serta petugas haji daerah sebanyak 33 orang.

 

"Bila dilihat lagi kuota prioritas lanjut usia yang sebelumnya di tahun 2022 ditiadakan, tahun ini kembali ada. Artinya jamaah lanjut usia akan kembali diberikan pengkhususan agar bisa berangkat lebih dini," terangnya.

 

Nantinya menurut Rahmadi apabila masih terdapat sisa kuota Jemaah Haji Reguler tahun 1444/2023 M maka siswa kuota akan digunakan untuk Jemaah Haji reguler di nomor prosi berikutnya.

 

"Apabila masih terdapat sisa kuota haji provinsi pada akhir masa pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler, sisa kuota haji provinsi dapat diberikan kepada provinsi lain dengan menggunakan provinsi dalam satu embarkasi," imbuhnya.

 

Selanjutnya kuota haji tersebut terang Rahmadi masih bisa mengalami penambahan jika pemerintah menetapkan adanya kuota haji  tambahan apabila memang ada pembicaraan lebih lanjut dengan Pemerintah Arab Saudi terkait kemungkinan tersebut.

 

"Masih ada peluang, semua masih diupayakan. Kita doakan saja yang terbaik. Untuk sekarang kita lakukan dulu persiapan maksimal bagi jatah kuota yang telah ditetapkan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments