Persiapan Penerbitan Paspor Jamaah Haji, Kemenag dan Imigrasi Jalin Koordinasi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Plt. Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM bertandang ke Kantor Imigrasi TPI Banjarmasin Kab. Balangan dalam rangka koordinasi persiapan paspor jamaah haji Kab. Balangan, Rabu (22/02/23).

 

Rahmadi menerangkan bahwa paspor merupakan dokumen penting sebagai syarat wajib seluruh warga negara Indonesia yang keluar dari wilayah Indonesia termasuk calon jamaah haji, dan untuk memudahkan bagi calon jamaah haji untuk memperoleh seluruh pelayanan administrasi, dokumen perjalanan yang akan melaksanakan ibadah haji

 

"Koordinasi ini dilakukan agar pelayanan penerbitan paspor jamaah dapat berjalan lancar tanpa mengabaikan aturan yang berlaku, serta mengetahui syarat dokumen apa saja yang harus disiapkan jamaah nantinya," paparnya.

 

Selain itu menurut Rahmadi, dengan adanya koordinasi awal diharapkan pihak imigrasi bisa menyambut baik kedatangan jamaah yang ingin membuat paspor nantinya saat kuota jamaah haji Kab. Balangan telah resmi diputuskan.

 

"Dari hasil kunjungan, tadi dijelaskan bahwa syarat utama pembuatan paspor adalah akta kelahiran, KTP dan Kartu Keluarga. Persyaratan ini akan kami sampaikan kepada jamaah, Nanti kami bisa bantu verifikasi lebih dulu berkas kelengkapannya, serta memberikan pendampingan apabila ada jamaah yang meminta," tambahnya.

 

Selanjutnya Rahmadi menjelaskan bahwa ini adalah pertama kalinya Kemenag Balangan melakukan koordinasi dengan Kantor Imigrasi di Balangan terkait penerbitan paspor jamaah haji, mengingat Kantor Imigrasi ini baru saja diresmikan di tahun 2022 yang lalu.

 

"Keberadaan Kantor Imigrasi TPI Banjarmasin di Kab. Balangan ini sangat membantu. Jadi jamaah haji dari Balangan termasuk kabupaten sekitarnya seperti Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Hulu Sungai Tengah tidak usah pergi jauh dalam membuat paspor, cukup ke sini saja," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments