Ka.Kankemenag: FKUB Bantu Bina Rohani Bangsa

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berperan dalam membangun dan membina jiwa kerohanian masyarakat.

 

"Apabila pemerintah bertugas membangun fisik, maka masing-masing para tokoh agama berperan untuk memberikan bimbingan rohani bagi umatnya agar tidak ada kesenjangan antara pembangunan fisik dan rohani," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan Akselerasi Penguatan Moderasi Beragama di Kab. Balangan sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kienrja dan SPTJM FKUB Kab. Balangan Tahun 2023 di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Selasa (21/03/23).

 

Saribuddin menyampaikan bahwa Indonesia adalah satu satu negara teraman, meskipun ada banyak sekali perbedaan baik itu dari segi suku, bahasa maupun agama.

 

"Kerukunan itu luar biasa sekali nilainya. Karena apabila sudah ada satu kali saja gesekan, itu bagaikan percikan api yang apabila tidak segera dipadamkan lama-lama akan menimbulkan perpecahan. Kerukunan  benar-benar harus dijaga," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin kerukunan diciptakan tidak hanya terkait hubungan antarumat beragama, namun juga intern umat beragama untuk menciptakan kenyamanan. Seperti dalam praktik pelaksanaan ibadah haji misalnya, meskipun ada perbedaan, selama masih dalam koridor berlandaskan agama, maka jangan memperbesar perbedaan tersebut yang berakibat menyulut ketegangan.

 

"Tahun ini dicanangkan sebagai tahun kerukunan serta tahun moderasi beragama. Mari kita sama-sama menjaga kenyamanan daerah, khususnya di daerah kita, Bumi Sanggam Kab. Balangan," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Kalsel Drs. H. Matnor, M.Pd.I dalam sambutannya saat membuka acara mewakili Kepala Kanwil menyampaikan bahwa sebelumnya dirinya pernah bekerja di Kab. Balangan selama lebih kurang 8 tahun, dan situasi keagamaan di Balangan selalu aman dan kondusif hingga sekarang.

 

"Kalau sudah aman dan, marilah kita lanjutkan perjuangan para tokoh agama yang berperan mensejahterakan rakyat, dengan memberikan nasihat dan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya makna kerukunana. Agar Balangan sebagai miniatur Indonesia dalam keragaman beragamanya juga tetap terjaga sampai penerus kita tiba," tutupnya.

 

Usai sambutan, dilakukan penandatangan Perjanjian Kinerja dan SPTJM FKUB Kab. Balangan Tahun 2023 oleh Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan Supriyadi dan Pejabat Pembuat Komitmen Mahmudah Hariyati, yang disaksikan oleh Kepala Kemenag Balangan, Kabag TU serta Kabag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Kalsel.

 

Acara dikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari unsur MUI Kab. Balangan, Muhammadiyah Kab. Balangan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid, Pandita Kristen Katholik, Pandita Kristen Protestan, Pandita Hindu, Pandita Buddha, serta penyuluh agama Islam.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments