Kasi Bimas Islam: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sebagian dari Iman

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa ajaran agama Islam secara tegas telah mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, sehingga menjaga kebersihan lingkungan juga termasuk apa yang diperintahkan agama.

 

"Islam sangat memperhatikan kebersihan. Sebagaimana bunyi hadits, kebersihan sebagian dari iman. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara iman dan prinsip hidup bersih. Sehingga sudah seharusnya, seorang muslim menjaga kebersihan dirinya, pakaiannya, dan lingkungannya," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bertempat di TPA Batu Merah Kec. Lampihong, Senin (06/03/23).

 

Menurut Wahid lingkungan merupakan sebuah amanat. Allah wajibkan para hamba Nya untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan keindahan lingkungannya. Di antaranya membuang sampah pada tempatnya. Tidak membuangnya di bantaran kali, jalan tempat berlalunya orang, pekarangan, dan semacamnya.

 

"Bagi seorang Muslim, seharusnya sampah terkait dengan persoalan yang mendasar. Sampah-sampah yang berserakan adalah cerminan diri kita yang jauh dari Tuhan. Memandang sampah sebagai urusan manusia yang terlepas dari unsur-unsur ketuhanan ialah keliru," tambahnya.

 

Wahid mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki diri, belajar untuk membuang sampah pada tempatnya. "Sudah saatnya negeri Indonesia yang mayoritas muslim ini menjadikan kebersihan sebagai satu budaya," imbuhnya.

 

Sementara Bupati Balangan, Abdul Hadi pada kesempatan tersebut menyampaikan langsung kepada petugas kebersihan bahwa ada kenaikan insentif sebesar Rp250 ribu, dan hadiah umroh bagi Petugas Kebersihan terbaik untuk tahun depan.

 

"Dengan meningkatnya insentif ini, semoga akan menambah semangat dalam menjalankan tugas dan mengejar target untuk mendapatkan predikat Adipura pada tahun depan, menimal mendapatkan sertifikat Adipura," pungkasnya.

 

Kegiatan dihadiri pula oleh Kepala Bank Kalsel, Kepala BPJS Ketanagakerjaan, PT Adaro dan Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Balangan, Musa Abdullah dan para petugas kebersihan.

 

 

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments