Ka.Subbag TU: Kerukunan Modal Utama Jaga Integritas NKRI

 


Banjar (Kemenag Balangan) - "Kerukunan merupakan modal utama untuk menjaga integritas NKRI," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM dimintai keterangan usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kerukunan Umat Beragama (KUB) Tahun 2023 di Hotel Delima Kabupaten Banjar, Jum’at (03/03/23).

 

Menurut Harmain manusia beriman pada dasarnya mempunyai dua dimensi hubungan yang harus selalu dipelihara, yaitu hubungan vertikal dengan Tuhan dan hubungan horizontal dengan sesama manusia. Orientasi hubungan vertikal disimbolkan oleh pencarian keselamatan hidup di akhirat, sedangkan hubungan horizontal diorientasikan kepada keselamatan hidup di dunia.

 

"Interaksi manusia dengan sesama didasari keyakinan bahwa semua manusia adalah saudara. Persaudaraan mengandung arti persamaan dan keserasian dalam banyak hal. Kekompakan antar umat beragama sangat diperlukan mengingat Kab. Balangan masyarakatnya tergolong heterogen dan merupakan miniatur Indonesia," tambahnya.

 

Selanjutnya terang Harmain keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menjadi sangat strategis karena kemajemukan Indonesia yang perlu terus dikuatkan oleh rasa saling memiliki.

 

"Itu yang akan bisa membuat kita damai terus dan menjadikan stabilitas daerah kuat, sehingga program pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengatakan Rakor KUB Tahun 2023 sebagai bentuk sinergi dan sharing untuk membahas berbagai isu strategis keagamaan, baik di tingkat nasional maupun lokal di Prov. Kalsel dan kabupaten/kota.

 

“Terutama memasuki tahun 2023 yang merupakan tahun kerukunan dan 2024 sebagai tahun politik yang memerlukan energi, baik dari sikap, koordinasi, serta aktivitas. Mari kita bersama-sama bergerak merawat kerukunan umat yang moderat menuju Kalimantan Selatan yang hebat dan bermartabat," pungkasnya.

 

Rakor KUB diikuti peserta sebanyak 54 orang yang terdiri dari Kasubag TU kabupaten/kota se Kalsel, FKUB Prov. Kalsel, FKUB kabupaten/kota dan Admin/Operator dari Kemenag kabupaten/kota se Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments