Ketua DWP: RA Adalah Aset Kemenag Yang Harus Dipelihara dan Dikembangkan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyatakan bahwa Raudhatul Athfal (RA) merupakan salah satu lembaga pendidikan aset Kemenag yang harus dipelihara dan dikembangkan.

 

"RA merupakan lembaga pendidikan setara TK yang berada di bawah binaan DWP Kemenag. RA sekarang sudah bisa bersaing dengan TK, keberadaannya tidak lagi dipandang sebelah mata," ujarnya saat memberikan sambutan pada Kegiatan Silaturahmi RA DWP Kemenag Balangan bersama Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel Hj. Lita Ariani Tambrin dan Jajaran serta Ketua DWP Kemenag Kab/Kota se-Kalsel di RA Al hasaniyah Layap. Selasa (21/03/23).

 

Aminah menerangkan bahwa lembaga RA yang ada di Kab. Balangan berjumlah 9 buah, letaknya menyebar di hampir semua kecamatan di Balangan kecuali Kec. Tebing Tinggi dan Kec. Juai.

 

"Semua RA berada dibawah binaan DWP Kemenag Balangan, meskipun dalam naungan yayasannya masing-masing dan terkoordinir dalam satu organisasi Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab. Balangan," tambahnya.

 

Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalsel Lita Ariani Tambrin menyampaikan apresiasi kepada DWP Kemenag Balangan yang bisa menaungi RA dengan jumlah tidak sedikit, mengingat juga ada Kab/Kota di Kalimantan Selatan yang masih minim RA binaannya atau bahkan belum ada RA sama sekali.

 

"Berdasarkan hasil Rapat kerja DWP Kemenag se-Indonesia di Surabaya bulan Februari yang lalu, keberadaan RA ini menjadi salah satu yang diperhatikan oleh ibu Penasihat. Di Kalsel sendiri ada sebanyak 357 RA tercatat di EMIS, yang mana dari jumlah tersebut Balangan termasuk penyumbang terbesar. Sungguh luar biasa jasa para pendahulu kita yang mendirikan RA, mudah-mudahan jadi amal jariyah," ungkapnya.

 

Sementara Ketua IGRA Kab. Balangan Rabiatul Adawiyah, S.Pd.I sekaligus ketua RA Al Hasaniyah menyatakan bahwa dari 9 RA di Kab. Balangan, satu RA yang baru berdiri merupakan RA Tahfiz yang menfokuskan pengajaran dan penghafalan Al-Qur'an bagi siswanya, sehingga diharapkan siswa disana minimal hafal juz 30.

 

"Masih ada satu RA lagi yang tengah dalam proses pembangunan, lokasinya ada di komplek Kantor Kemenag Balangan. Bila RA tersebut sudah selesai, artinya akan ada 10 RA di Kab. Balangan yang menjadi binaan DWP," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments