Pengawas: Asesmen Madrasah Upaya Perbaikan Mutu Pendidikan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Syahrillah, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa pelaksanaan Asesmen Madrasah merupakan wujud penting sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan di madrasah.

 

"Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Pelaksanaannya penting sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan," ujarnya saat memonitoring pelaksaan Asesmen Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Balangan, Jum'at (17/03/23).

 

Syahrillah menjelaskan bahwa Asesmen Madrasah pada dasarnya adalah ujian kelulusan pengganti Ujian Madrasah, namun perbedannya adalah model soal-soal yang diberikan berbasis literasi untuk membiasakan siswa bernalar kritis.

 

"Soal Asesmen Madrasah kali ini lebih bervariasi dimana bentuknya bukan hanya pilihan ganda dan isian singkat namun juga harus menampilkan dalam bentuk Pilihan Ganda Kompleks, pilihan Benar-Salah, Menjodohkan dan Uraian, Praktik, portofolio dan Penugasan. Dengan demikian, kualitas kelulusan siswa madrasah dapat diukur secara detail sekaligus menjadi umpan balik bagi perbaikan kualitas pembelajaran di madrasah," tambahnya.

 

Pelaksanaan Asesmen Madrasah di MAN 1 Balangan sudah berbasis Android, artinya para siswa tidak menjawab soal menggunakan pena dan kertas, namun langsung mengakses soal melalui perangkat handphone selular.

 

"Monitoring kita lakukan untuk memastikan bahwa semua proses dan kegiatan dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah dilaksanakan dengan baik, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan tes. Kami juga akan memberikan masukan dan saran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Asesmen Madrasah," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments