Pengawas: Madrasah Smart Digital Tunjang Efektifitas dan Efisiensi Pembelajaran

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Syahrillah, S.Pd.I, MSI menyatakan bahwa kehadiran aplikasi Madrasah Smart Digital (MSD) dapat menunjang efektifitas dan efisiensi pembelajaran di madrasah.

 

"Madrasah smart digital adalah madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital. Dalam konsep tersebut, perangkat digital bukanlah tujuan utama, melainkan alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi," ujarnya saat melakukan Monitoring Asesmen Madrasah 2023 sekaligus Pembinaan Aplikasi MSD di Madrasah Aliyah Al Hidayah Babayau, Selasa (14/03/23).

 

Menurut Syahrillah kata smart secara istilah memang berarti cerdas. Namun dalam MSD konsep SMART ini merupakan sebuah akronim yang terdapat arti filosofis di dalamnya.

 

"SMART adalah singkatan dari Specific, Meaningful, Adaptable, Rasional, Treasure. Specific artinya alumni-alumni madrasah memiliki distingsi yang kuat terhadap pemahaman keagamaannya pada satu sisi dan disisi lain memiliki pemahaman dinamika-dinamika kontemporer. Meaningful maksudnya apa yang peserta didik pelajari di madrasah adalah sesuatu hal yang akan bermakna pada hidupnya. Dan Adaptable artinya peserta didik lahir sebagai anak jaman sekarang, mereka menguasai dinamika keagaman kemudian juga bercengkerama dengan dunia kekinian," jelasnya panjang lebar.

 

Sementara Rasional, artinya diharapkan madrasah membentuk kerangka berpikir rasional ketika hubungan sebab akibat, kausalitas dari antar variable itu menjadi bagian penting. Terakhir Treasure, artinya bahwa ilmu-ilmu yang kita tanamkan di madrasah adalah sesuatu yang memberikan manfaat bagi hidup peserta didik sepanjang hayat.

 

"Konsep SMART tersebut diadaptasi menjadi Aplikasi Madrasah Smart Digital, sebagai upaya mengembangkan kualitas dan mutu pendidikan di madrasah. Dimana didalamnya banyak fitur yang bisa bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di madrasah," tambahnya.

 

Semua guru madrasah bisa mendaftar di MSD di laman https://digital.madrasahsmart.net/.

 

"Setelah mendaftar, akan ada banyak menu yang bisa ditelusuri guru seperti Buku Guru, Buku Siswa, Buku Penunjang, Bank Soal, serta menu e-learning. Insya Allah semuanya bermanfaat," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments