Sempat Terkendala, Rekam Biometrik Visa Jamaah Haji Kab. Balangan Berjalan Lancar

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Jamaah Haji Reguler Berhak Konfirmasi Pelunasan dan Pembayaran Pelunasan Kab. Balangan Tahun 1444 H / 2023 M melakukan perekaman biometrik via aplikasi Saudi Visa Bio di ruang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Balangan, Senin (27/03/23).

 

Plt. Kepala Seksi (Kasi) PHU Rahmadi, S.Pd.I, MM yang ikut mendampingi jamaah dalam proses perekaman mengatakan bahwa perekaman sempat mengalami kendala di pagi hari.

 

"Jamaah haji yang berhak lunas kita panggil mulai hari ini secara bergantian untuk melakukan rekaman visa biometrik. Namun saat kita coba mulai belum ada yang bisa tembus, selalu terkendala di bagian input finger print. Tidak diketahui apakah masalah ada pada sistem jaringan atau perangkat handphone yang digunakan untuk menscan," ujarnya saat dimintai keterangan.

 

Namun disiang hari, saat perangkat ponsel diubah dengan spesifikasi RAM 8 GB, perekaman berjalan lancar tanpa kendala, mulai dari proses scanning passport hingga penginputan sidik jari.

 

"Alhamdulillah, sesudahnya proses perekaman biometrik per jamaahnya tidak sampai memakan waktu 10 menit. Kalau lancar seperti ini, Insya Allah besok juga bisa kita lanjutkan dengan jumlah jamaah yang lebih banyak," ucapnya sumringah.

 

Selanjutnya Rahmadi menjelaskan bahwa aplikasi Saudi Visa Bio merupakan bentuk kesepakatan antara Kemenag dengan pihak otoritas Arab Saudi untuk memudahkan jemaah haji dalam membuat visa tanpa perlu mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi atau penerbitan visa di Indonesia.

 

"Jamaah yang melakukan perekaman akan terkonfirmasi pada sistem MoFA (The Ministry of Foreign Affairs/Kementerian Luar Negeri) saat dilakukan proses Fill Mofa Form (FMF). Manfaatnya adalah guna mempercepat proses imigrasi jemaah haji di bandara kedatangan baik Jeddah maupun Madinah," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments