Siapkan Nilai Zakat Fitrah 1444 H, Kemenag Balangan Survey Harga Beras

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Menjelang penetapan zakat fitrah, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Penyelenggara Zakat Wakaf (Peny.Zawa)  H. Syaipullah, S.Ag., M.H bersama-sama pihak terkait melakukan survey harga beras di pasaran, Rabu (15/03/23).

 

Syaipullah mengatakan survey dilakukan untuk menentukan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh masyarakat Kab. Balangan  menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H. "Harga beras ditetapkan menurut kulitas dan besaran yang harus dibayar menurut konsumsi beras oleh masyarakat Balangan,” ujarnya.

 

Syaifullah menerangkan bahwa zakat fitrah yang wajib dibayarkan umat muslim sebesar 2,5 kilogram, dalam bentuk beras dengan kualitas minimal sama yang dimakan sehari-hari atau uang dengan besaran yang ditetapkan sesuai harga beras berlaku dipasaran.

 

"Penetapan standar zakat fitrah untuk Kabupaten Balangan dilakukan setelah memperhatikan harga beras di pasaran, mulai dari harga beras tertinggi hingga terendah di Pasar Paringin," tambahnya.

 

Survey harga beras dilakukan dengan mendatangi lima toko besar yang ada di pasar yang masing-masing pemiliknya dapat bekerja sama dengan baik saat ditanya tentang harga beras yang ada di toko mereka.

 

"Harga beras kita akui memang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kisaran satu bulan yang lalu. Inilah pentingnya melaksanakan survey untuk mengetahui harga rata-rata agar bisa dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Kadar Zakat Fitrah 1444 H yang Insya Allah akan kami keluarkan sebelum bulan Ramadhan," ungkapnya.

 

Pada kesempatan tersebut Syaipullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas dari BAZNAS Kab. Balangan, MUI Kab. Balangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Balangan, perwakilan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh serta pengawas madrasah yang ikut mendampingi dalam proses survey harga beras di pasaran.

 

"Terima kasih kami sampaikan atas kerjasama seluruh tim yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, semoga apa yang sudah kita lakukan bermanfaat untuk ummat," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments